Kegiatan Padat Karya, Ratusan Warga Bersihkan Sampah di Sungai Kedemang

Sejumlah warga saat membersihkan Sungai Kedemang, 7 Ulu, Palembang.

PALEMBANG, KORANKITO. COM – Ratusan warga yang berada di pinggiran Sungai Kedemang, Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan SU I Palembang, membersihkan sampah yang menghiasi Sungai Kedemang, Selasa (4/12) siang.

Kegiatan bersih-bersih ini merupakan program Padat Karya dari Kementerian Perhubungan untuk mencegah terjadinya banjir, lantaran Sumsel khususnya Kota Palembang saat ini sedang memasuki musim hujan.

Berita Sejenis
1 daripada 6

“Dalam rangka Padat Karya dari Kementerian Perhubungan selama 20 hari kerja, termasuk hari minggu. Ini diberdayakan masyarakat sekitar Sungai Kedemang dan pinggiran Sungai Musi,” ungkap Lurah 7 Ulu Herryanto.

Dibincangi di lokasi, Herryanto menambahkan kegiatan yang mereka laksanakan ini untuk melancarkan arus Sungai Kedemang menuju Sungai Musi. “Ada 100 orang yang kita terjunkan untuk membersihkan sungai,” ujarnya.

Selain Sungai Kedemang, lanjut Herryanto, pihaknya juga akan membersihkan daerah aliran sungai (DAS) lainnya. “Selanjutnya, kita perhatikan saluran air yang besar dan akan dilaksanakan kegiatan Padat Karya ini,” tambahnya.

Ia pun mengimbau, kepada masyarakat yang tinggal di pinggiran anak sungai untuk tidak membuang sampah di sungai. “Karena ini akan merugikan kita sendiri, jadi kita imbau untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan,” pungkasnya. (depe)

AN