Polisi Ringkus Jambret dari Facebook

Imam ketika diamankan di Polsek Plaju Palembang. foto/depe.

PALEMBANG, KORANKITO. COM – Usai unggah foto di jejaring sosial media (sosmed) facebook, Reza Imam (30) diringkus Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Plaju Palembang.

Imam terlibat aksi jambret terhadap mahasiswi perguruan tinggi swasta yakni Evi di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Bagus Kuning, Kecamatan Plaju Palembang, Minggu (25/11) malam.

Berita Sejenis
1 daripada 35

Kapolsek Plaju Palembang AKP Riska Apriyanti didampingi Kanit Reskrim Ipda Uzir mengatakan, penangkapan pelaku bermula ketika dia mengunggah foto di facebook.

“Korban mengenali wajah pelaku. Kami telusuri dari facebook dan tunjukan foto tersangka dengan korban ternyata sama. Kemudian kita lakukan penangkapan,” cetus Riska.

Saat gelar perkara dan barang bukti di Polsek Plaju, Kamis (29/11) siang. Riska menerangkan pelaku merupakan residivis yang sudah beberapa kali beraksi di wilayah hukum Polsek Plaju.

“Modusnya, pelaku memepet motor korban yang menggunakan ponsel di jalan. Saat sedang lengah, dia (pelaku) langsung merampas ponsel tersebut,” tambahnya.

Ia menerangkan, untuk barang bukti turut diamankan satu unit sepeda motor yang digunakan saat beraksi. “Kita kenakan Pasal 365 KUHP dengan ancaman pidana di atas lima tahun,” katanya.

Sementara itu, Imam mengakui perbuatannya. Ia mengatakan, ketika melancarkan tidak sendirian, melainkan bersama rekannya berinisial IB yang dalam pengejaran polisi.

“Dapat ponsel pak. Sudah dijual oleh IB seharga Rp700 ribu. Saya mendapatkan bagian Rp300 ribu. Uangnya sudah habis saya gunakan kebutuhan hidup sehari-hari,” jelasnya.

Pria yang tinggal di Jalan Kopral Paiman, Lorong Pertemuan, Kecamatan Plaju Palembang ini mengaku baru sekali melancarkan aksinya. “Baru pertama kalinya pak. Saya menyesal,” pungkasnya. (depe)

AN