Membanggakan! Sumsel Raih Juara Umum API 2018. Irene: “Ini adalah kemenangan kita semua…”

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel Irene Camelyn Sinaga menyerahkan Penghargaan anugerah Pesona Indonesia 2018 kepada Gubernur Sumsel Herman Deru di Kantor Pemprov Sumsel, Jumat (23/11/2018)

PALEMBANG, KORANKITO.COM – Provinsi Sumsel kembali unjuk gigi di kancah nasional. Menyisihkan 33 provinsi lainnya se Indonesia, Sumsel dinobatkan menjadi Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2018.

Penyerahan anugerah bergengsi ini dilakukan oleh API 2018 bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI di Hotel Sahid, Jakarta Kamis (22/11) malam.

Selanjutnya, Jumat siang, penghargaan ini pun diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel Irene Camelyn Sinaga kepada Gubernur Sumsel Herman Deru di Kantor Pemprov Sumsel.

Atas prestasi ini, Gubernur HD mengucapkan apresiasinya pada Forum Pesona Sriwijaya yang telah bekerja keras membawa nama baik bagi Sumsel.

“Saya ucapkan selamat semoga kedepan Sumsel ada destinasi baru lagi. Prestasi ini harus diinformasikan ke masyarakat sampai level paling bawah. Biar mereka juga tahu Sumsel ini punya banyak destinasi yang membanggakan,” jelas HD.

Dalam kesempatan itu HD juga meminta Disbudpar dan Forum Pesona Sriwijaya menghidupkan kembali wisata hutan Punti Kayu yang ada di tengah kota. Menurutnya TWA Punti Kayu sangat potensial hanya saja pengelolaannya selama ini belum maksimal. Padahal TWA ini diminati masyarakat sebagai alternatif destinasi wisata yang terjangkau di kantong.

” Ini harus menjadi trigger agar masyarakat makin paham destinasi di Sumsel” jelas HD singkat.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Irene Camelyn Sinaga menjelaskan bahwa untuk mendapatkan prestasi ini mereka sudah melakukan persiapan sejak 6 bulan lalu.

“Terima kasih untuk Forum Pesona Sriwijaya  dan para penggiat media sosial yang telah bekerja keras selama 6 bulan untuk kemenangan ini. Mulai dari perumusan, pengajuan nominasi, menyiapkan tim koordinator untuk pemenangan  dan promosi di kab/kota di Sumsel. Sehingga 7 nominasi juara ini mangantarkan Sumatera Selatan menjadi juara umum Anugerah Pesona Indonesia Award tahun ini,” jelas Irene.

Dijelaskan Irene, sejak bulan April mereka mengajukan 18 kategori destinasi yang dipertandingkan melalui voting. Dari 18 destinasi itu sebanyak 7 destinasi lolos seleksi. Kemudian di akhir voting pada 30 Oktober 2018,  7 destinasi itu berhasil keluar sebagai juara.

” Ketujuh destinasi itu semua keluar sebagai juara dengan voting terbanyak masing-masing 3 destinasi juara 1 dan 4 destinasi lainnya juara 2 sehingga berhasil mengantarkan Sumsel sebagai juara umum,” papar Irene.


Adapun 7 destinasi tersebut yakni  Juara 1 Kampung Adat Terpopuler – Kampung Al Munawwar Palembang, Juara 1 Wisata Halal Terpopuler – Al-Quran Al Akbar Palembang, Juara 1 Wisata Unik Terpopuler – Pelancu Lahat.

Kemudian Juara 2 Dataran Tinggi Terpopuler – Gunung Dempo Pagaralam, Juara 2 Objek Wisata Unik Terpopuler – Taman Nasional Sembilang Banyuasin, Juara 2 Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler – Mountain Bike Bukit Sulap Lubuklinggau, Juara 2 Promosi Pariwisata Digital Terpopuler – Pesona Sriwijaya .

” Ini bukan hanya kemenangan kabupaten dan kota ataupun provinsi. Ini adalah kemenangan kita semua  dan milik teman-teman komunitas,” pungkas Irene. (hms/mbam)

AN