Reza Rahadian Cerita Pengalaman Tak Terlupakan di Hari Pertama Mengajar

KORANKITO.COM – Reza Rahadian tekuni profesi baru sebagai dosen alias pengajar di kelas praktik dan laboratorium Program Studi Vokasi Komunikasi di Universitas Indonesia. Momen pertama bertatap muka dengan mahasiswa dan mahasiswi menjadi pengalaman yang tak akan dilupakan oleh aktor ternama itu.

“Pengalaman paling unik mungkin waktu pertama kali ngajar. Saya masuk kelas, semuanya kayak bisik-bisik, kasak-kusuk sendiri. Ada yang kaget, ada yang bingung, ada yang, ‘Hah?’, macam-macam reaksinya,” cerita Reza saat ditemui di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (14/11).

Selain itu, Reza juga punya pengalaman lucu lain yang tak pernah ia rasakan sebelumnya. Jika dulu Reza memanfaatkan waktu luang untuk membaca skrip film, kini ia sibuk memeriksa tugas para mahasiswanya.

“Yang paling lucu, ternyata saya bisa punya pengalaman di rumah. Yang biasanya saya pulang pelajari skrip di tengah waktu yang luang, sekarang saya periksa tugas-tugas yang saya kasih ke mahasiswa saya, ada berlembar-lembar sudah numpuk. Proses itu menyenangkan sekali,” ungkapnya.

“Buat saya itu menyenangkan banget. Saya bisa ketemu sama banyak anak-anak yang punya pemikiran-pemikiran yang kreatif, saya bisa *sharing* pengalaman. Mereka juga sangat antusias untuk banyak bertanya tentang ini dan itu, bahkan kadang-kadang yang di luar materi yang diberikan. Memang saya memberikan kesempatan untuk mereka sebanyak-banyaknya bisa bertanya tentang berbagai macam hal. Kalau saya bisa jawab, saya akan jawab,” lanjutnya.

Senang menjadi pengajar, namun Reza enggan disebut sebagai dosen. Ia lebih memilih disebut sebagai pengajar yang berbagi ilmu kepada orang lain. Lantas, seperti apa sosok Reza di mata murid-muridnya? Benarkah berbeda 180 derajat dengan Reza yang sering akting di layar lebar?

“Kayaknya itu harusnya ditanya ke mahasiswa saya, bukan saya yang jawab, nanti terlalu subjektif jawabannya. Tapi yang jelas, saya cukup tegas. Walaupun saya bisa bercanda, tapi pada waktunya saya tegas, ya saya tegas,” tutup Reza. (O tri/mbam)

AN