Masuk Musim Hujan, Basarnas Palembang Gelar Simulasi Evakuasi Korban Banjir

Anggota Basarnas Palembang saat menggelar simulasi korban banjir. foto/depe.

PALEMBANG, KORANKITO. COM – Memasuki musim hujan, Badan SAR Nasional (Basarnas) Palembang menggelar simulasi penyelamatan korban bencana alam, terutama para korban banjir.

Latihan yang diikuti ratusan anggota Basarnas dari berbagai daerah di Sumsel ini digelar di danau Sky Air, Komplek Jakabaring Sport City (JSC), Jalan Gubernur HA Bastari, Kecamatan Jakabaring, Palembang, Kamis (15/11) pagi.

Berita Sejenis
1 daripada 5

“Latihan ini rangkaian kegiatan SAR. Kebetulan memasuki musim hujan, maka kita gelar simulasi. Kita melaksanakan teknik bagaimana mengevakuasi korban, terutama korban banjir,” jelas Kepala Basarnas Palembang Berty DY Kowaas.

Ia mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan lantaran wilayah Sumsel khususnya Palembang telah memasuki musim hujan. Oleh karena itu, untuk meminimalisir korban jiwa pihaknya menggelar simulasi tersebut.

“Kita sebelumnya sudah bermain di ruangan, kali ini kita praktekan langsung ke lapangan bagaimana cara mengevakuasi korban. Dalam tanggap darurat itu, ada kegiatan yang namanya evakuasi korban,” jelasnya.

Masih dikatakan Berly, pihaknya siaga 24 jam penuh apabila ada masyarakat yang memerlukan evakuasi.

“Masyarakat Sumsel khususnya Palembang yang memerlukan evakuasi kami siap. Seperti kemarin, tinggi air mencapai satu meter lebih. Makanya kami lakukan evakuasi,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Berty, pihaknya telah melakukan pendataan lokasi yang rawan terjadi banjir.

“Sudah dipetakan bagian operasi, lokasi mana saja di Kota Palembang memiliki resiko dan dampak yang besar apabila terjadi banjir,” pungkasnya. (depe)

AN