Incar Istri Orang, Sukirman Nyaris Tewas Dihajar Massa

Sukirman dibalik jeruji besi

PALI, KORANKITO.COM – Terlalu nekat apa yang dilakukan Sukirman (33) warga Gunung Megang Kabupaten Muara Enim, setelah menjadi bulan-bulanan massa setelah mengamuk di rumah Edy Prianto (27), warga Talang Kemang Kelurahan Talang Ubi Selatan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), lantaran kepergok bersembunyi di bawah tempat tidur. Kamis (15/11) pagi, sekitar pukul 06.30 WIB.

Perkelahian pun tak bisa dihindari antara Edy dan Pelaku dan terdengar oleh tetangga korban, sehingga warga setempat ikut menghajar pelaku hingga babak belur dan yaris tewas, beruntung di selamatkan jajaran Polsek Talang Ubi yang saat itu tengah melakukan patroli rutin yang langsung mengamankan pelaku dan membawanya ke Mapolsek Talang Ubi. Tetapi sebelumnya, Sukirman dibawa ke RDUD Talang Ubi lantaran babak belur dan mengalami luka-luka akibat amukan massa.

Dari keterangan Edy Prayitno, pemilik rumah saat membuat laporan di Mapolsek Talang Ubi bahwa pelaku Sukirman telah lama menyukai dan  mengincar istrinya untuk dibawa kabur sejak lebaran haji kemarin.

“Setengah bulan yang lalu pelaku pernah menculik istri dan anak aku selama lima hari di bawaknyo ke Palembang, beruntung istri aku bisa lolos dengan cara kabur dari penculikan. Tetapi karena pelaku mengancam terus akan mencelakai anak kami, jadi kami putuskan tidak lapor polisi.” Terang Edy Pryianto.

Tetapi, kejadian Kamis pagi tadi diakui Edy bahwa pelaku terbilang nekat, lantaran saat dirinya tengah berada di rumah, pelaku nekat masuk ke kamarnya dan saat ketahuan langsung menyerang dan menyiramkan bensin. “Aku ketahui ketika mendengar suara seperti ada kucing dibawah tempat tidur, dan saat aku lihat, ternyata ada pelaku itu. Lalu aku paksa keluar, tetapi pelaku itu malah melawan dan sempat adu pukul. Setelah terdesak, pekaku rupanya membawa bensin dan korek api juga pisau, yang langsung menyeramkan bensin ke wajah aku dan menyalakan api, hendak membakar aku,” tambahnya.

Karena terancam, Edy langsung berlari keluar rumah dan berteriak minta tolong. Sementara istrinya juga berlari ke rumah tetangganya. “Kemudian warga lain berdatangan lalu menangkap pelaku. Dan akibat luapan emosi, warga memukuli pelaku. Namun, tidak lama polisi datang,” tambanya.

Sementara pelaku Sukirman mengaku bahwa dirinya dan istri Edy sudah lama kenal, dan saat diketahui pemilik rumah tengah berada di bawah tempat tidur, Sukirman mengatakan bahwa ingin bertemu istri Edy, karena sudah mengirim pesan via sms kepada istri korban sebelum ke rumah korban

“Kami sering kontek-kontekan dengan dia (istri edy). Untuk itu, aku ingin menemuinya, tetapi ada suaminya di rumah. Lalu aku masuk rumah itu melalui pintu belakang, sebelum kesini aku sudah sms dio dulu” akunya.

Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono melalui Kapolsek Talang Ubi Kompol Okto Iwan Setiawan ST MSi,  bahwa saat anggotanya lakukan patroli rutin, ada informasi keributan di daerah Talang Kemang, kemudian kita amankan pelaku tersebut. “Saat ini kasusnya adalah pengancaman dan kita kenakan pasal 335 KUHP. Sementara ini, masih kita dalami motifnya apa. Pelaku dan pelapor serta saksi-saksi masih kita ambil keterangannya.” Pungkasnya. (hab/mbam)

AN