Miliki Venue Dengan Standar Internasional, JSC Harus Lahirkan Atlet Berprestasi Internasional

Direktur Utama PT JSC Ir Hj Meina Fatriani Paloh memimpin rapat Direksi dan Manajemen PT JSC, Rabu (3/10/2018).

PALEMBANG, KORANKITO.COM – Kawasan Jakabaring Sport City (JSC) dengan venue-venue olahraga berstandar internasionalnya harus memiliki manfaat besar bagi kemajuan dunia olahraga di Sumsel dan Indonesia. Ke depan dengan pemanfaatan venue-venue tersebut, seharusnya mampu melahirkan atlet-atlet berprestasi asal Sumsel.

“Jakabaring ini area olahraga yang bertujuan untuk lahirnya cikal bakal atlet-atlet berprestasi nasional dan internasional, khususnya dari atlet Sumsel. Kita pasti bangga kalau ada atlet dari sini yang meraih medali emas kejuaraan internasional. Contohnya panjat tebing ada Hinayah, atlet kita. Harus banyak lagi biar lebih terpacu,” kata Direktur Utama PT JSC Ir Hj Meina Fatriani Paloh usai memimpin rapat Direksi dan Manajemen PT JSC, Rabu (3/10/2018).

Lebih jauh wanita yang telah berpengalaman menggelar even-even nasional dan internasional ini menilai keberadaan JSC bagi atlet sangatlah bagus. “Bisa lihat dan dibandingkan dengan daerah lain, Sumsel punya tempat olahraga bertaraf internasional. Makanya juga bisa dimanfaatkan untuk wisata olahraga atau sport tourism,” sambungnya.

Kesuksesan kawasan JSC pasca kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 telah mendunia. Sebelum-sebelumnya JSC juga terbukti berhasil dan sukses menjadi tuan rumah PON 2004, SEA Games 2011, Islamic Solidarity Games (ISG) 2013, ASEAN University Games (AUG) 2014, serta even-even olahraga internasional lainnya.

Oleh karena itu, Meina ingin JSC melanjutkan kesuksesan tersebut untuk even-even internasional berikutnya, bahkan olimpiade. “Namun yang sudah pasti tahun 2019 akan ada kejuaraan dunia voli pantai, menembak, bowling, dan triathlon, serta dayung,” sebutnya.

Meina mengajak khususnya masyarakat Sumsel untuk bangga karena memiliki kawasan JSC yang sudah dikenal dunia internasional. Sama-sama masyarakat Sumsel untuk saling mensuport (mendukung) untuk keberadaan JSC ini. Akses dan fasilitas yang ada di JSC juga sangat baik.

“Keberadaan LRT dari bandara bisa langsung ke JSC, fasilitas wisma atlet dan venue-venue internasional, Dining Hall juga besar bisa juga untuk pameran olahraga, atau meet and greet,” katanya.

Selain itu, Meina membuka mind set (pola pikir) PT JSC untuk lebih modern. “Jadikan JSC  ini entertainment sport, sport industry. Salah satunya bisa dengan mengundang bintang legenda atlet nasional dan internasional untuk meet and greet di JSC,” tuturnya.

Kemudian, Meina meminta dukungan dan bantuan semua pihak dalam memajukan kawasan JSC. “Jadikan rakyat Sumsel bangga dengan keberadaan JSC. Nanti kita undang anak-anak sekolah sekitar Jakabaring untuk mengenal lebih dekat JSC dengan edukasi olahraga. Kita siapkan golf car dengan guidenya untuk visit ke venue-venue Pokoknya keberadaan JSC harus ada manfaat bagi masyarakat sekitar dan pelajar,” pungkasnya. (nissa/mbam)

AN