Resmi! KPU Kota Lubuklinggau Tetapkan DCT

Rapat Pleno Penetapan DCT yang diselenggarakan KPU Kota Lubuklinggau, Kamis (20/09/2018)

LUBUKLINGGAU, KORANKITP.COM – Sebanyak 404 bakal calon legislatif (Bacaleg) yang terdaftar di daftar calon sementara (DCS) resmi ditetapkan sebagai calon legislatif (Caleg) setelah rapat pleno daftar calon tetap (DCT), yang diselenggarakan KPU Kota Lubuklinggau, Kamis (20/9).

Ketua KPU Lubuklinggau, Lukman Hakim saat diwawancarai wartawan mengatakan, 404 caleg yang ditetapkan hari ini, semuanya tidak ada perbedaan seperti yang ada dalam DCS.

“kalau persoalan bacaleg PPP, Romy Krisna. Itu sudah digugurkan dari waktu DCS lalu, jadi nama bacaleg mantan napi korupsi tersebut memang sudah tidak masuk dari DCS,” tegasnya.

Menurutnya, Putusan Mahkamah Agung (MA) tidak mempengaruhi tahapan yang sudah ditetapkan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT). Berdasarkan Peraturan KPU No.5 Tahun 2018 perubahan atas Peraturan KPU No.7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, penetapan DCT akan dilakukan 20 September 2018.

“Setelah DCT ditetapkan, maka masa kampanye berlaku tiga hari setelah ditetapkannya DCT, yakni 23 September mendatang hingga 14 April 2019, tiga hari sebelum pencoblosan,” tegasnya.

Ditambahkan Lukman, sebelum masa kampanye nanti, caleg wajib menyerahkan Laporan anggaran dana kampanye (LADK), batas akhirnya 22 september mendatang

“Mengenai untuk caleg dana kampanye tidak terbatas, tapi kalau dana sumbangan dari perseorangan ada batasannya, yakni 2,5 milyar, sedangkan untuk akumulasi keseluruhan tidak dibatasi,” tutupnya. (dhia/mbam)

AN