Polisi Ciduk Spesialis Bobol Rumah Kosong

Irlani saat diperiksa oleh polisi. foto/depe.

PALEMBANG, KORANKITO. COM – Unit Pidana Umum (Pidum) Satreskrim Polresta Palembang berhasil menangkap spesialis bobol rumah kosong. Tersangka adalah Irlani (25) warga Kelurahan Talang Putri, Kecamatan Plaju, Palembang.

Irlani sudah beberapa kali melancarkan aksi pencurian. Terakhir di rumah salah satu warga yang berada di Perumahan Bukit Indah, Kecamatan Sukarami, 8 Agustus 2018 kemarin.

Berita Sejenis
1 daripada 36

Ketika ditemui di ruang Pidum Satreskrim Polresta Palembang, Jum’at (14/9) siang, tersangka Irlani mengakui perbuatannya. Ia mengatakan saat beraksi dirinya bersama rekannya yakni Riski yang kini sudah mendekam di sel tahanan.

“Kami berdua pak, Riski sudah ditangkap dan menjalani hukuman. Saya yang masuk ke dalam rumah, sedangkan Riski hanya bertugas melihat keadaan sekitar lokasi,” ungkap Irlani ketika memberikan keterangan awak media.

Ia menjelaskan, dirinya tidak sempat membawa kabur barang berharga milik korban. Sebab, aksinya itu kepergok warga dan mengepung mereka. “Belum dapat apa-apa pak. Baru dibongkar saja, pas mau masuk dilihat warga. Kami kabur,” ujarnya.

Dirinya mengungkapkan sudah dua kali melancarkan aksinya. Pertama di kawasab Bukit dan berhasil membawa kabur sejumlah barang elektronik. “Pertama itu diajak oleh teman pak. Uangnya sudah habis untuk kebutuhan hidup,” jelas Irlani.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Palembang Kompol Yon Edi Winara melalui Kanit Pidum Iptu Tohirin membenarkan pihaknya telah mengamankan satu orang pelaku pencurian.

“Pelaku kita tangkap di rumahnya setelah kita mendapatkan informasi tentang keberadaan pelaku. Pelaku berjumlah tiga orang, dua sudah kita tangkap dan satunya masih buron. Namun identitasnya sudah kita kantongi,” tutur Tohirin.

Ia menjelaskan, modus operandi tersangka dengan cara berkeliling mencari rumah kosong. Kemudian mereka masuk dengan mencongkel pintu menggunakan linggis. “Hasil pemeriksaan ada empat TKP. Kita jerat Pasal 363 KUHP,” pungkasnya. (depe)

AN