Mengenang Debby Nasution, Tak Dikenal Namun Disegani

Almarhum Debby Nasution

KORANKITO.COM – Tak banyak yang tahu siapa Debby Nasution. Nama Debby baru terdengar lantaran ia dikabarkan meninggal dunia saat sedang mengajar di sebuah masjelis talim di masjid di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Sabtu (15/9)

“Iya betul, barusan tadi lagi mengajar. Beliau kan selalu buat ta’lim Sabtu-Minggu, di Masjid Al Ikhlas, Cipete. Tiba-tiba dia kolapse, serangan jantung kayaknya. Cuma saya juga tidak aware kalau dia punya sakit jantung,” ungkap Kadri Mohammad, musisi sekaligus sahabat Debby, saat dihubungi, Sabtu (15/9).
Debby Nasution di masanya dikenal sebagai musisi. Banyak karya yang ia ciptakan, salah satunya lagu Badai Pasti Berlalu yang dinyanyikan oleh Chrisye. Selain punya kemampuan bermusik, Debby juga aktif mengajar.

Pengikutnya cukup banyak, bahkan hingga luar negeri. Meski wajahnya tak pernah muncul di layar kaca, siapa sangka sosoknya sangat disegani. Banyak orang penting di Indonesia yang hormat padanya, salah satunya Ustad Arifin Ilham.

“Wah, dia benar-benar orang yang baik, dia ajarin kita yang baik-baik. Nggak bicara politik, benar-benar agama, dihormati banyak orang. Karena memang beliau, bahkan ustad sekelas Arifin Ilham saja anggap beliau senior atau gurunya. Jadi beliau banyak dimintakan pendapatnya. Beliau nggak pernah ikut politik, dia bahas Alquran dan Hadits. Nggak pernah buat kontroversi dari pandangannya. Dia juga nggak mau yang menonjol untuk masuk TV,” kata Kadri.

“Banyak jamaahnya, sampai salah satu jamaahnya mantan Menpora Adhyaksa Dault. Bahkan ada yang sampai di luar negeri, ada yang lewat *Skype*,” lanjutnya.

Debby memang bukan orang sembarangan. Meski aktivitasnya tak disorot media, namun namanya dikenal hingga ke penjuru dunia.

“Saya mendoakan supaya khusnul khotimah, semua ajarannya berpahala mengalir terus untuk beliau. Mudah-mudahan pahala sedemikian banyak dan menghapuskan dosa-dosanya. Amin,” tandas Kadri. (O tri/mbam)