Tinjau Penyelenggaraan Asian Games Di Palembang. Ini Kata Jusuf Kalla

Gubernur Alex Noerdin menyambut Wapres Jusuf Kalla dalam Kunjungan ke Palembang dalam rangka meninjau pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang, Minggu (26/8/2018)

PALEMBANG, KORANKITO.COM – Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla meninjau pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Dalam kunjungannya Wapres mencoba menaiki LRT Sumsel dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju Jakabaring Sport City (JSC) kompleks olahraga kebanggaan masyarakat Sumsel.

Wapres bertolak ke Palembang beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla, lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu pagi (26/8) sekitar pukul 10.00 WIB, menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan BAE-RJ 85.

Setibanya di Palembang rombongan Wapres disambut Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan langsung menaiki gerbong LRT Sumsel menuju JSC. Wapres mengawali kunjungannya ke Dining Hall Jakabaring tempat makan para atlet dan official Asian Games. Disana Wapres nampak mengecek satu persatu menu makanan atlet yang ada.

Setelah mengunjungi Dining Hall, Wapres dan rombongan menyaksikan sejumlah pertandingan Asian Games mulai dari cabang olahraga dayung, kemudian bowling dan volly pantai.

Saat diwawancarai di venue volly pantai, Wapres Jusuf Kalla mengatakan dirinya menyakini target Indonesia meraih 16 medali emas pada Asian Games akan tercapai.

“Ya kita punya target semula 16 medali emas, sekarang baru 11 sisa 5 lagi. Masih ada waktu kurang lebih satu minggu lagi kita yakin bisa tercapai bahkan lebih dari itu, masih ada cabang olahraga silat, karate, badminton dan lainnya,” ungkap Wapres.

lanjut Wapres mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi masyarakat Sumsel yang sangat antusias memeriahkan event olahraga Asian Games di Palembang.

“Saya lihat venue-venue di Jakabaring banyak sekali penontonnya, saya kira banyak yang berminat nonton Asian Games bukan hanya olahraganya, orang datang juga bisa melihat festivalnya yang luar biasa. Seperti tadi kita lihat bersama pertandingan di sini ramai sekali,” terangnya.

Saat ditanya mengenai penyelenggaraan Asian Games 2018, Wapres menilai sejauh ini sudah sangat baik. Bahkan, sejak pembukaan hingga hari ini belum ada laporan komplain dari atlet dan official baik di Jakarta maupun di Palembang.

“Saya lihat penyelenggaraan di sini sangat baik, yang evaluasi itu buat kita, dari tamu-tamu baik atlet maupun official. Tadi saya banyak bertemu tamu kita disini ada China, Korea, Singapura, semua mengatakan sangat baik sekali, di Jakarta juga begitu,” ungkap Jusuf Kalla.

“Saya belum ada menerima komplain terkecuali masalah tiket, itu juga sebenarnya karena kita salah mengantisipasi, kita berfikir akan kurang penonton tetapi ternyata meledak penontonnya,” tegasnya.

Wapres Jusuf Kalla sangat mengapresiasi pembangunan berkelanjutan di bidang olahraga yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumsel dan berbagai event olahraga internasional yang dilaksanakan selama kepemimpinan Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Jangan kita bandingkan Jakarta dengan Palembang karena sama-sama menjadi tuan rumah. Kita bandingkan dengan daerah lain seperti setelah PON (Pekan Olahraga Nasional) di daerah-daerah lain fasilitas olahraganya banyak nganggur bahkan banyak alang-alang, berbeda kalau di Jakabaring ini fasilitas lengkap dan berkelanjutan. Jadi, kita apresiasi pembangunan yang terus menerus dilakukan dan berbagai event-event olahraga yang dilaksanakan bapak Gubernur itu sangat penting dan eventnya banyak sekali,” ujar Wapres.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin di kesempatan ini nampak hadir bersama istrinya yang juga Ketua TP-PKK Provinsi Sumsel Hj. Eliza Alex dan mendampingi seluruh rangkaian kunjungan kerja Wapres di Palembang dalam rangka meninjau pelaksanaan Asian Games 2018. (mbam)

AN