Selama Gelaran Asian Games 2018, Komplek JSC Dijaga 800 Personel Keamanan

PALEMBANG, KORANKITO.COM – Sebagai tuan rumah Perhelatan akbar Asian Games, tentunya yang menjadi perhatian utama adalah bagaimana sistem Keamanan yang di terapkan oleh pihak penyelenggara, mengingat ajang ini pun merupakan pesta olahraga yang di ikuti oleh 45 negara yang berada di benua Asia.
Untuk itu sebagai bentuk upaya mensukseskan ajang ini, sebanyak 800 personil keamanan dari kepolisian siap diturunkan di berbagai titik pusat Kota Palembang.
“Data yg kita terima, di Palembang ada 1.600 personel polisi untuk mengamankan Asian Games 2018. Mereka ini tersebar mulai dari bandara, hingga titik-titik yang perlu diamankan,” kata Direktur Utama PT JSC Bambang Supriyanto, Selasa (7/8/2018).
Khusus di kompleks JSC yang menjadi tempat berlangsungnya pertandingan Asian Games, tentunya mendapat porsi pengamanan yang sangat besar. Sehingga, menurut Bambang atlet dan official, serta pengunjung dapat mengikuti pelaksanaan Asian Games 2018 secara nyaman.
“Di dalam JSC saya mendapat laporan mencapai 600 hingga 800 personel. Itu termasuk security officer, polisi yang melekat dalam delegasi,” jelas Bambang.
Pengamanan Asian Games 2018 merupakan kewenangan sepenuhnya pada Deputi 4 Inasgoc (panitia Asian Games 2018). Meski demikian, PT JSC tentu memiliki sistem pengamanan sendiri yang selama ini telah diterapkan untuk dapat mendukung selama perhelatan Asian Games 2018.
“Kita ada Pamdal (keamanan internal PT JSC), dari Tangkas, juga didukung kepolisian. Kita mendukung penuh Deputi 4 yang terdiri dari Bais (badan intelijen strategis), BIN (badan intelijen negara), TNI, Polri,” tutur Bambang.
Bahkan, dikatakan Bambang, PT JSC telah menyediakan kantor pengamanan Deputi 4 di dalam kompleks JSC. “Sudah beroperasi. Lokasinya di venue Baseball dan Softball,” imbuhnya.
Sebelumnya PT JSC dan Polresta Palembang bersepakat tentang pengkondisian keamanan sebelum even Asian Games 2018 digelar. Untuk itulah telah didirikan Pos Polisi (PosPol) di dalam kompleks JSC.
Pospol itu dalam rangka Asian Games 2018 memang perlu pengkondisian awal sebelum even berlangsung. Sehingga nantinya untuk keamanan di JSC benar-benar siap ketika diserahkan kepada Deputi 4 Inasgoc saat Asian Games 2018. (nissa/mbam)
AN