Sterilkan JSC Dari Asap Rokok, 17 Papan Larangan Merokok Dipasang

salah satu diantara 17 papan larangan merokok dikawasan JSC. foto/nissa

PALEMBANG, KORANKITO.COM – Dalam menyambut perhelatan akbar Asian Games, sejumlah upaya terus di diterapkan agar penyelengaraan olahraga terbesar di Asia ini bisa berjalan dengan sukses.

Salah satu upaya yang akan diterapkan oleh tuan rumah  yakni Palembang, Jakabaring Sport City (JSC) akan mengkampanyekan larangan merokok di setiap kawasan JSC

Corporate Secretary PT JSC Mirza Zulkarnain, mengatakan adanya larangan ini merupakan salah satu keinginan pihaknya sejak dulu, untuk mensterilkan JSC dari asap rokok.

“Sebenarnya peraturan daerah tentang larangan merokok itu sudah ada. PT JSC memiliki keinginan sejak dulu untuk bebas tembakau, sekarang kita giatkan lagi,” ujarbya, Rabu (1/8)

Sementara itu di JSC sendiri saat ini total ada 17 papan pengumuman berukuran kecil 1,2 x 0,9 meter yang tersebar di seluruh venue yang ada. Kemudian satu unit ukuran besar, 2 x 4 meter. Pemasangan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan.

“Ini inisiatif Pemprov Sumsel. Terlebih lagi sebentar lagi kompleks JSC akan menjadi venue penyelenggaraan Asian Games 2018,” urai Mirza.

Lebih jauh, Mirza berharap keberadaan pengumuman tersebut dapat meningkatkan kesadaran bagi pengunjung, dan semua yang berada di kompleks JSC. Menurut Mirza, PT JSC saat ini masih dalam tahap himbauan dan pemberitahuan terkait itu.

“Tentunya nanti akan ada tahap berikutnya, mungkin akan disiapkan tempat tertentu untuk merokok. Bahkan bisa saja justru tidak diperbolehkan sepenuhnya,” beber Mirza.

PT JSC akan meninjau serta menerima masukan dari berbagai pihak, sebelum membuat keputusan yang lebih jauh. Apalagi ke depan, PT JSC memiliki sejumlah rencana untuk mengembangkan potensi yang ada.

“Kita ada rencana membuat food court (area makan). Baik orang asing maupun lokal, ada yang terbiasa merokok setelah makan. Makanya sejauh ini kita terus mempertimbangkan sejumlah masukan,” tutupnya. (nissa/mbam)

AN