Survei LSPN: Ishak Mekki-Yudha Pratomo Teratas, HDMY Makin Nyusut

Pasangan Ishak Mekki- Yudha Pratomo saat debat publik beberapa waktu yang lalu. Foto/dok

Palembang – Survei independen dari Lembaga Studi Politik Nasional (LSPN) merilis survei elektabilitas pasangan di Pilgub Sumsel 2018. Hasil survei menyatakan, pasangan Ishak Mekki-Yudha Pratomo berhasil mengungguli tiga pasangan lain yang ikut berkontestasi di Pilkada Sumsel 2018. Sementara, elektabilitas kompetitor lainnya Herman Deru-Mawardi Yahya yang dalam beberapa hasil survey selalu berada pada urutan atas justru mengalami penurunan yang cukup drastis.

Rilis Survei yang dikeluarkan oleh Lembaga Studi Politik Nasional (LSPN) mulai dari tanggal 7-17 Mei 2018 dengan jumlah responden 1000 orang dan margin of error 3,1 persen menghasilkan elektabilitas IM 27,60 persen, mengungguli Dodi yang mendapat 25,43 persen.

Berita Sejenis
1 daripada 38

Sedangkan Deru semakin melorot elektabilitasnya dengan hanya  mendapat 22.05 persen dan Aswari meraih 8,10 persen, adapun yang masih belum menentukan pilihan (TT/Tj) sebanyak 16.82 persen.

Ishak Mekki-Yudha Pratomo. Foto/dok

“Ada tiga hal alasan mengapa Ishak Mekki unggul elektabilitasnya dari calon-calon lainnya. Pertama dari strategi, kedua programnya sesuai dengan keinginan masyarakat, ketiga langsung dirasakan oleh masyarakat,” katanya kepada wartawan, Sabtu (19/5/2018)

Seperti yang dijelaskan Pengamat Politik dan Direktur LSPN, Rizal Marhaini, hasil survei yang dilakukan kurang lebih satu bulan tersebut menghasilkan tiga poin penting yang berkaitan dengan kemenangan pasangan calon Ishak-Yudha.

Dari ketiga poin tersebut, sudah menjadi kewajaran Ishak Mekki tinggi secara elektabilitas, terlebih lagi isu pemeretaan pembangunan jalan dan jembatan yang akan diselesaikan dalam tempo satu tahun menjadi prioritas masyarakat Sumsel untuk memilihnya.

Kemudian, isu bantuan Rp10 juta bagi UMKM turut menaruh simpati masyarakat. Karena hal ini salah satu solusi untuk keluar dari perekonomian masyarakat Sumsel yang saat ini menurun.

“Pada dasarnya, masyarakat Sumsel sudah cerdas, mereka akan memilih pemimpin yang transparan dalam menunaikan janji-janji politiknya. Dan Ishak Mekki berhasil membuat masyarakat Sumsel percaya dengan program-program yang beliau tawarkan kepada masyarakat,” kata Rizal.

Sebaliknya dengan pasangan nomor urut satu HD-MY dari hasil risetnya menunjukkan tren penurunan. Herman Deru menunjukkan persepsi publik yang kurang diminati oleh pemilih lantaran masih diserang isu-isu negatif, mulai dari dirinya dan juga calon wakilnya.

“Isu-isu negatif terkait pasangan HDMY memang sudah menyebar di masyarakat, dan hal ini yang menyebabkan semakin turunnya elektabiltas paslon nomor urut satu tersebut,” katanya.

Dalam menyimpulkan hasil dari keseluruhan surveinya, Rizal mengatakan Pilgub Sumsel akan sangat ketat terutama melibatkan tiga paslon nomor urut tiga, empat, dan satu. Siapapun pemenangnya diprediksi akan memiliki jarak atau kemenangan yang sangat tipis berkisaran 1-3 persen perbedaanya.(korankito.com/mbam)

AN