Waspada! Cuaca Ekstrem Landa Empat Kecamatan di Wilayah Musirawas

Kepala Pelaksana BPBD Mura, Paisol. Foto/dhia

MUSIRAWAS-Sepekan terakhir sebagian wilayah yang ada di Kabupaten Musi Rawas dilanda cuaca ekstrem.  Curah hujan tinggi yang disertai angin kencang melanda empat kecamatan yang ada di kabupaten dengan slogan Serasan Sekantenan.

Empat wilayah tersebut antara lain Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut (TPK), Kecamatan Tuah Negeri, Kecamatan Selangit dan Kecamatan  Megang Sakti.

Kepala Pelaksana BPBD Mura, Paisol mengatakan pantauan yang dilakukan petugas BPMPD sepekan terakhir cuaca ekstrem melanda empat kecamatan di wilayah Kabupaten Mura.  Untuk itu warga diminta waspada mengingat curah hujan tinggi disertai angin kencang kerap terjadi.

“Warga mesti waspada khusus yang tinggal disekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) karena dikhawatirkan akan terjadi banjir,” jelasnya.

Sementara untuk warga yang tinggal diwilayah perkebunan maupun perbukitan yang sebagian besar ada di Kecamatan TPK, Tuah Negeri, Selangit dan Megang Sakti juga diminta waspada terhadap ancaman angin Puting Beliung.  

“Kalau hujan turun deras diwilayah Kabupaten Mura rentan banjir sementara bila hujan gerimis wilayah Mura juga rentan puting beliung,” tambahnya.

Lebih jauh Paisol menyebutkan selama 2018 BPBD Kabupaten Mura mencatat satu kali terjadi angin puting beliung yakni diwilayah TPK.

“Masyarakat harus ikut berperan aktif, bila terjadi bencana sesegera mungkin melaporkan keihak terkait, agar aparat dan peralatan penanggulangan bisa segera kita turunkan,” jelasnya. (Korankito.com/dhia/mbam)

AN