Tanggapi Tudingan Dana Pemprov Sumsel Habis Hanya Untuk Asian Games. Ini Jawaban Gubernur Alex Noerdin

Gubernur Sumsel saat meninjau perbaikan jalan di wilayah OKU Timur. Kamis (15/3). Foto/dok

Belitang – Memastikan pengerjaan jalan Provinsi di Kabupaten/Kota berjalan lancar, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meninjau langsung pengerjaan peningkatan ruas jalan lintas provinsi di jalan Kurungan Nyawa – Gumawang – Petanggan – Tanjung Kemuning – Batas OKU – Dabuk Rejo di Kabupaten OKU Timur dan pengerjaan peningkatan ruas jalan lintas provinsi batas Kabupaten Ogan Ilir – Lubuk Batang di Desa Kedaton Kec. Kedaton Peninjauan raya Kabupaten OKU, Kamis (15/3).

Didampingi Bupati OKU Timur, Kholid Mawardi, Wakil Bupati OKU Timur,  FKPD Kabupaten OKU Timur, Kepada Dinas PUBM Provinsi Sumsel, Ucok Hidayat dan Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Setda Provinsi Sumsel, Zaki Aslam, Gubernur Alex Noerdin menyaksikan pengecoran jalan di depan Pasar Gumawang, Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin diaamBut antusias oleh masyarakar OKU Timur, Kamis (15/3) Foto/dok
Berita Sejenis
1 daripada 4.015

Gubernur Alex Noerdin mengatakan, keseluruhan terdapat 7 (Tujuh) ruas jalan provinsi di Kabupaten OKU Timur dengan total panjang 205,75 KM. Tahun 2018 pemerintah Provinsi Sumsel telah menganggarkan dana di anggaran induk sebesar Rp105 miliar, dan  di anggaran perubahan akan dianggarkan lagi Rp150 miliar.

“Jadi Rp255 miliar total kita anggarkan dana untuk pembangunan jalan Provinsi di OKU Timur. Jalan Provinsi di sini 205 Kilometer tetapi tidak semuanya rusak. Insya Allah akhir tahun ini semua sudah selesai dikerjakan, sudah kita lihat sendiri pekerjanya profesional dan peralatannya juga modern, mudah-mudahan 10 sampai 15 tahun kedepan jalan ini masih bertahan,” harapnya.

Foto/dok

Dalam kesempatan ini Alex Noerdin  sangat menyayangkan masih ada pihak yang melakukan protes dan menyatakan Pemerintah Provinsi Sumsel tidak memperhatikan jalan provinsi di Kabupaten/ Kota karena dana habis hanya untuk Asian Games. Padahal, yang sebenarnya terjadi sebaliknya, dengan Asian Games Sumsel berhasil menarik dana infrastruktur dari luar total sebesar Rp68 triliun.

“Seperti pada debat calon Gubernur tadi malam, saya diprotes seakan-akan tidak memperhatikan jalan Provinsi. Mudah-mudahan acara hari ini memberikan pembuktian nyata bahwa Gubernur tidak pernah melupakan pembangunan daerah Kabupaten dan Kota di Sumatera Selatan,” tegas Alex.

Lebih lanjut Alex menjelaskan, sejak dua tahun lalu APBD Provinsi Sumsel mengalami efisiensi (pemangkasan anggaran) oleh pemerintah pusat, sementara total keseluruhan jalan provinsi di Kabupaten dan Kota se-Sumsel sepanjang 1.513.653 KM.

Foto/dok

“Bagaimana bisa dengan kondisi demikian, pemerintah Provinsi sumsel bisa memperbaiki keseluruhan jalan provinsi dengan cepat. Tetapi Alhamdulillah tahun ini semua jalan provinsi sudah bisa dikerjakan secara bertahap, salah satunya di OKU Timur ini. Saya minta pak Ucok kerjasamakan ini dengan Bupati dan Wakil Bupati jadikan jalan di Belitang ini mulus,” ujar Alex.

Bupati OKU Timur, Kholid Mawardi mengatakan, masyarakat Kabupaten OKU Timur sangat bangga karena OKU Timur mendapatkan alokasikan dana Rp105 miliar dari pemerintah provinsi untuk perbaikan jalan dan berkat perjuangan Gubernur Alex Noerdin di tahun 2018 ditambahkan lagi alokasi sebesar Rp150 miliar.

“Melalui kunjungan bapak Gubernur Alex Noerdin menandakan dimulainya pengerjaan peningkatan ruas jalan Provinsi di OKU Timur, kami yakin setiap perbuatan baik bapak Gubernur pasti akan mendapat imbalan kebaikan juga,” ujarnya.

Kepala Dinas PUBM Provinsi Sumsel, Ucok Hidayat menjelaskan, peningkatan ruas jalan lintas provinsi di Kabupaten OKU Timur pada tahun 2018 didanai melaui dana alokasi khusus melalui APBD Provinsi Sumsel.

Lanjut Ucok Hidayat, penanganan jalan lintas provinsi tersebut tembus sampai ruas jalan nasional melalui ruas jalan Dabuk Rejo – Batas OKU Timur sepanjang 15 KM dengan alokasi dana sebesar Rp20 miliar.

“Kita harapkan peningkatan ruas jalan ini dapat mempermudah aktifitas dan memperlancar jalur transportasi masyarakat OKU Timur. Kontruksi yang kita lakukan adalah kontruksi standar nasional karena jalan ini akan di ajukan masuk sebagai jalan nasional. Bahkan, kita sudah berjuang di pusat untuk mendapatkan tambahan pendanaan total lebih kurang Rp150 miliar dana yang akan digulirkan untuk jalan provinsi di Kabupaten OKU Timur,” terang Ucok.

Sementara kunjungan Alex Noerdin di Kabupaten OKU untuk menepati janjinya memperbaiki jalan-jalan provinsi yang menjadi tanggung jawab Pemprov Sumsel. Pengerjaan peningkatan ruas jalan provinsi di Kabupaten OKU sepanjang 51 KM tersebut diperkirakan akan selesai dalam waktu tiga bulan.

Kemudian, pekerjaan lanjutan mulai dari Ruas Batas 01 Lubuk Batang pada tahun 2017 sudah dikerjakan dan sekarang dilanjutkan dengan biaya kurang lebih Rp23 miliar dan ABT nanti ada tambahan Rp50 miliar.

Di Kabupaten OKU Gubernur Sumsel Alex Noerdin datang didampingi langsung Bupati OKU Kuryana Azis, Kepala Dinas PU BM Provinsi Sumsel Ucok Hidayat, Karo Humas dan Protokol Provinsi Sumsel Teddy Meilwansyah.(korankito.com/mbam)

AN