Wow, Proses Naturalisasi Beto Rampung, Apa Kabar Dengan Viscarra?

Alberto “Beto” Goncalves.foto/dok

Palembang – Striker Sriwijaya FC, Alberto “Beto” Goncalves resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Kepastian itu setelah Kementerian Hukum dan HAM mengeluarkan surat resmi, Selasa (6/1) kemarin.

Berita Sejenis
1 daripada 3.838

Hanya saja, Beto masih harus melaksanakan sumpah dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) agar diakui secarah sah sebagai WNI.

“Selamat, semoga dengan menjadi WNI, Beto bukan hanya bisa berbahagia bersama keluarga tapi bisa membawa Sriwijaya FC juara,” kata Presiden Klub Sriwijaya FC, Dodi Reza Alex.

Menurut Dodi, sebelumnya memang banyak hambatan yang dialami saat proses naturalisai Beto.

“Banyak ganjalan yang manajemen hadapi untuk mewujudkan ini. Tapi semua bisa dilalui. Bersyukur sekali Beto akhirnya bisa menjadi WNI. Semoga hal serupa juga terjadi kepada Esteban Vizcarra yang saat ini sedang proses,” ujar Bupati Musi Banyuasin ini.

Diketahui, sebelumnya di tahun 2010, Beto sempat mengikuti proses naturalisasi bersama Christian Gonzales untuk memanfaatkan peluang masuk Tim Nasional. Namun, harapannya berseragam Merah Putih harus pupus karena ia mengalami cedera cukup parah saat masih membela Persipura.

Kini keinginan Beto sendiri untuk menjadi WNI saat ini bukan dilatari lagi karena ingin memperkuat timnas. Usia yang sudah tidak muda lagi membuatnya harus realistis sehingga tujuan utamanya karena ingin membantu Sriwijaya FC.

Gelombang naturalisasi pemain sepakbola mendadak ramai pada periode 2011-2012. Hingga kini, setidaknya hampir 10 pemain asing dan keturunan Indonesia yang dinaturalisasi. (korankito.com/nisa/mbam)