Tipu Ojol Lewat Pesanan Fiktif, Dua Wanita Tomboy Dibekuk Polisi

foto/depe.

Palembang- Putri Viviani alias Elza (18) bersama Sri Astuti alias Riri (19), dua wanita tomboy ini harus meringkuk di sel tahanan, lantaran ulahnya yang melakukan penipuan terhadap pengemudi ojek online (ojol) dengan modus pesanan fiktif.

Putri ditangkap oleh anggota Reskrim Polsek Gandus yang sedang melakukan patroli di depan SPBU Bukit Sejahtera, Minggu (28/1) siang. Dimana, ketika itu dirinya hendak melancarkan aksinya kembali terhadap pengemudi ojol lainnya.

Berita Sejenis
1 daripada 18

Dari nyanyian tersangka Putri, anggota Reskrim Polsek Gandus Palembang melakukan pengembangan dan berhasil meringkus rekannya Riri, warga Jalan Kemang Manis, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan IB Ii Palembang.

Ketika gelar perkara dan barang bukti di Polsek Gandus Palembang, Kamis (1/2) siang. Putri mengatakan, modus operandi yang digunakannya dengan cara membeli barang di toko online milik tersangka Riri lewat aplikasi Go-shop.

“Saya membeli baju seharga Rp180 ribu di toko online punya Riri. Setelah itu driver ojol yang mengambil barang itu dan membayar sebesar Rp155 ribu, karena sudah saya bayar sebesar Rp25 ribu,” jelasnya.

Hanya saja, ketika korban hendak mengantarkan pesanan kepada dirinya. Tersangka Putri mematikan akun ojek onlinenya. “Jadi kami dapat uang dari pembelian itu Pak. Uangnya untuk kami jalan-jalan berdua dan makan,” katanya.

Masih dikatakannya, ia sudah dua kali melancarkan aksinya. Namun ketika hendak beraksi untuk ketiga kalinya Putri diringkus polisi. “Saat ditangkap saya mau memesan barang lagi Pak. Saya tau modus ini dari teman juga Pak,” katanya.

Sementara itu, Riri mengatakan ia baru sekali beraksi itupun diajak oleh Putri. “Saya hanya ikutan saja Pak. Baru sekali, yang harga bajunya Rp180 ribu. Kalau yang satunya bukan dengan saya,” tutur Riri sambil menangis.

Kapolsek Gandus AKP Aidil Fitriansyah di dampingi Kanit Reskrim Ipda Herianto membenarkan pihaknya telah mengamankan dua tersangka. “Ada dua laporan yang masuk ke kita. Kita akan kordinasi dengan Polsek lain,” ungkapnya.

Dari tangan tersangka Putri dan Riri pihaknya berhasil mengamankan enam potong pakaian dan satu celana.  Kedua tersangka ini sudah melakukan aksi penipuan sebanyak dua kali dengan dua driver gojek online yang berbeda.

Sedangkan untuk yang ketiganya tidak jadi karena tersangka menganti uang korban.  Penipuan yang dilakukan  semuanya di wilayah hukum Polsek Gandus.  “Akan kita kenakan Pasal 378 KUHP,” tutupnya. Korankito.com/depe.