Pemkab Mura Anggarkan 149 M APBD Untuk Pembangunan Jalan

foto/dhia.

Musirawas- Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Mura) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga (PUBM) menganggarkan pembangunan jalan di tahun 2018 sebanyak Rp149 Miliar dari APBD dan Rp 21 Miliar dari DAK.

Kepala Dinas PUBM Kabupaten Mura, Aidil Rusman mengatakan, anggaran tersebut akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan jalan, yakni di wilayah Rejo Sari sampai dengan Tegal Sari Kecamatan Megang Sakti dengan panjang 17 km.

Berita Sejenis
1 daripada 3

“Kemudian dari Simpang Jatun Muara Megang sepanjang 23 km,” ungkapnya kepada wartawan ini.

Aidil menjelaskan setiap tahun pihaknya melakukan perbaikan jalan di Kabupaten Mura hingga 60-80 km, terdiri atas rehab dan pengoralan.

“Di tahun 2018 ini, Muara Kelingi dan Jene sudah ditimbun. Selain itu, kami juga akan melanjutkan kegiatan jalan lingkungan lainnya,” jelasnya.

Menurutnya, perbaikan di tahun ini dapat menopang hingga 40 persen kondisi jalan di Mura. Dan dalam lima tahun ke depan, kondisi jalan yang baik dapat mencapai 85 persen dari seluruh jalan yang ada.

“Di Mura ini totalnya ada sekitar 1.400 km jalan kabupaten dan 1.700 km jalan desa. Untuk lima tahun ke depan itu dana yang dibutuhkan sekitar Rp 800 Miliar,” ucapnya.

Aidil menambahkan, dalam lima tahun ke depan tersebut jalan di  empat kecamatan yang menjadi prioritas. Paling banyak di wilayah HTI yang perbaikannya dimulai dari pangkal hingga ke ujung desa.

Namun, jalan di kawasan HTI tersebut akan menjadi tanggung jawab perusahaan.”Untuk perusahaan yang sharing itu, diantaranya perusahaan minyak Medco dan beberapa perusahaan sawit,” katanya. Korankito.com/dhia/depe.