Bisa Dipercaya

Petani Linggau Waspada, Hama Wereng Mulai Menyerang

foto/dhia.

Lubuklinggau – Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau mengingatkan, agar petani lebih waspada. Sebab di musim hujan seperti sekarang ini, kelembapan lahan pertanian akan semakin tinggi sehingga rentan akan serangan hama wereng cokelat.

Serangan hama tersebut kini sudah terjadi di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Utara I.

Berita Sejenis
1 daripada 2

“Hama banyak di Utara I. Saat ini sedang dalam pengendalian. Artinya dampak serangannya hama itu belum signifikan,” kata Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Lubuklinggau, Arifin.

Menurutnya, laporan serangan akan hama wereng selalu ada setiap bulan. Namun laporan itu sifatnya atau tingkatannya masih bisa dikendalikan. Untuk itulah, agar serangan hama itu tidak meluas, Dinas Pertanian memberikan aba-aba waspada.

“Dia menyerang dipangkal batang. Sehingga tanaman mati karena kering,” tuturnya.

Lebih lanjut, sebagai langkah pencegahan Dinas Pertanian juga telah menerjunkan brigade pengamanan hama. Brigade itu berjumlah tiga orang yang melakukan pengamatan hama.

“Kalau saat ini untuk pertanian sudah ada tanam dan mulai tanam. Ada yang tanam umur empat minggu,” ungkapnya.

Di Lubuklinggau terdapat dua jenis sawah yakni sawah irigasi tekhnis dan irigasi non tekhnis. Sawah irigasi tekhnis tersebar di Lubuklinggau Utara I, Barat I, Selatan II dan Utara II dengan total lahan 2.230 hektar. Sdangkan sawah irigasi non teknis di Selatan I, Timur I, Utara II dan Barat II dengan luas sekitar 400 hektar.

“Total tanaman 2.600 lebih. Ada setahun tiga kali panen dan ada setahun dua kali panen,” pungkasnya. korankito.com/dhia/die