Bisa Dipercaya

Empat Diduga Komplotan Maling Kabel Listrik Diciduk

Dua dari empat pelaku yang diamankan pihak kepolisian. foto/dhia.

Lubuklinggau- Empat diduga kawanan pencuri kabel listrik diringkus Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Lubuklinggau Utara I. Mereka adalah GR (14), RS (15), Aman Nanggolan alias Can (28) dan Fransisko (30), keempatnya warga Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Kota Lubuklinggau.

Berdasarkan data dihimpun, tertangkapnya keempat tersangka berawal ketika petugas keamanan Gardu Induk PLN Ilaludin (48) memergoki dua orang sedang mencuri kabel di dalam gudang Pikitring PLABB Area Gardu Induk PLN, Kelurahan Batu Urip Utara II, Kecamatan Lubuklinggau Utara, Selasa (9/1) petang.

Berita Sejenis
1 daripada 26

Melihat hal itu, Ilaludin mengejar keduanya. Namun hanya GR yang berhasil diamankan, sementara temannya berhasil meloloskan diri. Selanjutnya petugas keamanan mengintrogasi tersangka GR, saat itulah diketahui tersangka hanya disuruh Frasisko untuk mencuri kabel listrik.

Ilaludin dibantu rekan-rekannya langsung bergerak cepat dengan mengamankan tersangka Frasisko yang berada tidak jauh dari lokasi kejadian. Keduanya pun diserahkan ke anggota Reskrim Polsek Lubuklinggau Utara yang telah tiba di tempat kejadian perkara (TKP).

Aparat kepolisian melakukan pengembangan terkait laporan Ilaludin yang mengaku sering terjadi kehilangan kabel di area Gardu Induk PLN, Kelurahan Batu Urip Utara II dan menangkap RS (15) dan Can di kediaman masing-masing.

Kapolsek Lubuklinggau Utara AKP Horison Manik membenarkan pihaknya telah mengaman empat orang diduga pencuri kabel listrik di Gardu Induk PLN Kota Lubuklinggau. “Mereka sudah kita amankan dan masih dalam pemeriksaan anggota kita,” katanya, Rabu (10/1) siang.

Ia mengatakan, keempat tersangka terancam dikenakan Pasal 363 KUHP Tentang Tindak Pidana Pencurian Dengan Pemberatan. “Untuk barang bukti belum kita temukan, karena saat kita lakukan penggeledahan di rumah penadah, sudah dijualkan,” tutupnya. korankito.com/dhia/depe.