Ratusan Polisi dan TNI Siap Amankan Pilkada OKI

foto/endri

OKI – Sebanyak 674 anggota gabungan baik dari Kepolisian maupun TNI diturunkan untuk mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), yang dijadwalkan akan berlangsung Juni 2018 mendatang.

Guna mengecek persiapan serta situasi, jajaran Polres OKI yang dipimpin langsung oleh Kapolres OKI, AKBP Ade Harianto bersama Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Seprianizar melakukan kunjungan ke kantor Sekretariat Panwaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKI.

Berita Sejenis

“Kita hanya ingin melihat situasi saat ini. Kita juga memantau sarana dan prasarana maupun SDM dalam persiapan pemilu serentak tersebut,” kata Kapolres melalui Kasubag Humas Polres OKI, Ipda Ilham Parlindungan, Selasa (2/1) kemarin.

Dia mengatakan, peninjauan itu juga dilakukan untuk menentukan langkah pengamanan agar proses Pilkada baik dalam tahapan pendaftaran calon hingga tahapan selanjutnya dapat berjalan lancar, aman dan kondusif.

“Kapolres sudah menyampaikan dan menyarankan agar KPU OKI dapat berkoordinasi dengan para calon mengenai jadwal mereka mendaftar nanti, sehingga tidak dalam bersamaan. Sedangkan di Panwaslu tadi, Kapolres memastikan bagaimana persiapan pihak Panwaslu jika terjadi perselisihan antara masing-masing para calon,” tuturnya.

Diketahui, Polres OKI sendiri menyiapkan 477 personil yang akan diturunkan dalam melakukan pengamanan, mulai dari tahapan hingga selesainya proses pilkada tersebut. Sementara itu, Kodim 0402/OKI menyiapkan 197 personilnya.

Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Seprianizar mengatakan, dalam pengamanan pilkada ini pihaknya hanya membackup kepolisian.

“Intinya kedatangan kita sambil bersilaturahmi sekaligus berkoordinasi terkait persiapan penyelenggara pilkada. Semoga semua berjalan aman,” Kita (Kodim) dan Polres akan saling membantu,” tandasnya. korankito.com/endri/die