Mantap! Tahun 2018, Palembang Akan Dilintasi LRT Pertama di Indonesia

Depo Depan PS Mall yang hampir rampung pengerjaannya. Foto/screenshot youtube

Palembang-Diantara tiga proyek LRT Nasional yang sedang dikebut pengerjaannya di Jakarta, dan Jabodetabek. Sementara di Sumatera Selatan tepatnya di Kota Palembang nantinya akan menjadi kota pertama di Indonesia yang dilintasi kereta api ringan atau LRT dari bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II sampai ke Jakabaring sepanjang 23,4 km.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin pada berbagai kesempatan berulangkali mengatakan, Palembang sebagai ibukota Sumatera Selatan akan memiliki LRT pertama di Indonesia. Kereta LRT akan melintas kota Palembang bersamaan pada pelaksanaan Asian Games XVIII yang akan berlangsung Agustus 2018.

Berita Sejenis
1 daripada 11
Foto/screenshot youtube

Menurut Alex Noerdin, traffic jam di Palembang deadlock 2018 dan kemungkinan macet total terjadi pada 2019. “Prediksi itu bisa dicegah jika ada intervensi lalu lintas dengan penyediaan infrastruktur dan sarana transportasi massal. Harus ada angkutan massal LRT ditambah dua jembatan Musi, fly over dan underpass,” katanya.

Foto/screenshot youtube

Pelaksanaan proyek pembangunan LRT di Palembang bak gayung bersambut, kebutuhan transportasi massal tersebut mendapat respon dari pemerintah. Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) 116/2015 dan Perpres 55/2016 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan (LRT) di Provinsi Sumatera Selatan.

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan lalu membangun jalur LRT di Palembang sepanjang 23,4 km dengan 13 stasiun dan depo. Kehadiran LRT akan mengurangi kemacetan lalu lintas karena shifting atau pergeseran dari jalan ke LRT sebesar 50 persen. Sekaligus memperpendek waktu tempuh dari Bandara SMB II – Jakabaring Sport Center yang semula 1,5 – 2 jam melalui jalan darat menjadi 45 menit menggunakan LRT.

Sementara ketika Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pembangunan LRT di Palembang pertengahan Desember 2017 yang lalu, menginginkan uji coba LRT di Palembang sudah bisa dilakukan pada Pebruari atau Maret 2018.

“Target Maret, namun jika bisa Februari 2018 sudah uji coba dengan beberapa gerbong saja. Perlu uji coba lebih cepat,” katanya, beberapa waktu lalu.(korankito.com/mbam)

AN