Bisa Dipercaya

Syahril : Gunakanlah Dana Desa Sebaik Mungkin

Bupati Empat Lawang H Syahril Hanafiah memukul gong, sebagai tanda dibukanya Bursa Inovasi Desa di Gedung Serbaguna Pemkab Empatlawang, Selasa (19/12). foto/rodi

Empatlawang – Dengan adanya Dana Desa (DD) yang diperuntukan Pemerintahan Desa, sangatlah membantu pemacu perkembangan pembangunan di desa. Bahkan, Pemerintah Kabupaten Empatlawang sangat berharap pembangunan di desa bisa berkembang dengan pesat.

Berita Sejenis
1 daripada 3.252

 

Hal ini disampaikan oleh Bupati Empatlawang Syahril Hanafiah saat memberikan sambutan pada kegiatan Bursa Inovasi Desa di Gedung Serbaguna Pemkab Empatlawang, Selasa (19/12). “Dana Desa yang disalurkan ke desa-desa ini saya harap bisa memicu pembangunan di desa, maka itu saya pesan gunakanlah sebaik-baik dan setepat-tepatnya Dana Desa ini,” ungkapnya.

 

Karena menurut Syahril, Presiden Joko Widodo begitu semangat membangun desa. Tentu saja dirinya sangat sependapat sekali dengan program dari presiden, sebab apabila desa-desa yang ada Indonesia ini sudah maju dan makmur, otomatis Negara ini makmur.

 

“Memang SDM di daerah terutama di desa masih sangat minim, bahkan belum siap tapi Presiden menyiapkan pendamping desa maupun tenaga ahli agar perkembangan desa bisa maju pesat,” ujar Syahril.

 

Maka itu Syahril mengajak para kepala desa dan perangkat desa menggunakan dana desa sesuai dengan kebutuhan desa dan kembangkan potensi-potensi di desa. “Dana desa ini sangatlah membantu Pemkab Empatlawang dalam memajukan pembangunan di Empatlawang,” ucapnya.

 

Lebih lanjut Syahril menegaskan, di Empatlawang sudah ada dua oknum kades yang tersandung kasus dana desa, patutnya ini contoh bagi kades yang lain. “Dana desa sangat menggiurkan memang, saya berharap jangan ada lagi kades yang terjerat dalam hukum, harus dengan ada oknum kades ini jadi pelajar penting bagi kades lain,” tambahnya.

 

Sementara itu, Satker Provinsi Sumsel Juhermansyah mengatakan, jumlah Rp104 miliar Dana yang disalurkan ke seluruh desa yang saat ini tengah dikerjakan oleh desa, namun untuk tahun depan akan mengalami kenaikan kembali Dana Desa. “Cukup besar dana desa yang telah disalurkan ke desa sebesar Rp104 miliar,” ujarnya.

 

Sementara itu, Plh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Empatlawang Bambang Irawan dalam sambutannya mengatakan, Bursa Inovasi Desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi –inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa lingkup kabupaten.

 

 

“Gunanya untuk menjembatani kebutuhan desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif,” ujarnya seraya menambahkan, sasaran program untuk meningkatkan kualitas pembangunan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa meliputi bidang kewirausahaan dan pengembangan ekonomi lokal. (rodi/ejak)