Bisa Dipercaya

3 Daerah Masih Jadi PR Disdik Sumsel

Widodo khawatirkan listrik padam saat ujian

Kadisdik Sumsel Widodo. foto/ejak

Palembang – Dalam pemerataan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 mendatang, diakui Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumatera Selatan (Sumsel) masih ada tiga daerah yang belum mendukung pelaksanaan ujian tersebut.

Dikatakannya, kendala secara teknis secara keseluruhan itu tidak ada, namun di Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Musi Rawas Utara (Muratara) dan sebagian OKU Timur ada masih terdapat tiga masalah utama yakni listrik, interner serta sarana dan pra sarananya.

Berita Sejenis
1 daripada 3.252

“Namun masih ada waktu untuk memperbaikinya sekitar 3-4 bulan lagi. Kita juga minta pada pihak vendor untuk menyediakan dan melihat serta menyadari bahwa anak-anak kita itu sangat memerlukan stabilitas jaringan selama ujian,” ujarnya saat dibincangi Koran Kito, Selasa (19/12).

Kemudian, kata Widodo, soal sarana memang ada sekolah yang belum punya alat-alat tersebut. “Jadi kita akan bekerja sama dengan sekolah lain (SMP) yang mempunyai saranya untuk menumpang ujian disana dan sebaliknya. Dan itu gratis,” tuturnya.

Sementara untuk bantuan dari kementerian memang ada sebagian ke sekolah yang sudah mendapatkannya, mengingat hanya ada 40 ribu unit komputer yang dibagikan ke seluru pelosok negeri. “Ada juga yang mendapat bantuan pengadaan laboratorium komputer,” urainya.

Selain itu, untuk menghadapi kendala masalah jaringan, pihaknya tidak terlalu khawatir sebab saat menjawab soalnya itu secara offline. Namun yang dikhawatirkan itu adalah ketika listrik padam dam sekolah tidak menyediakan mesin genset untuk menanggulanginya.

“Yang kita khawatirkan itu listrik padam. Namun sampai saat ini belum ada laloran sekolah yang mempunyai masalah dengan genset atau tidak memilikinya,” katanya.

Diketahui, sampai saat ini Selasa (19/12) sudah ada 150 Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) dan 189 SMA Swasta yang siap menjalankan UNBK 2018. Sedangkan untuk Sekolah Menengah Kejuruan Negeri ada 95 sekolah dan swasta ada 155 sekolah sehingga total semua sekolah yang mengikuti UNBK 2018 jenjang SMA/SMK baik negeri dan swasta ada 595 sekolah. (ejak)