Bisa Dipercaya

Jangan Lalaikan Sekolah Karena Gadget

Husnun Nazhir mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang.

 

Zaman modern merupakan zaman dimana Informasi Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) telah berkembang secara pesat, sehingga informasi saat ini bisa diakses secepat kilat. Yang sebelumnya internet hanya bisa di akses melalui komputer dan laptop saja, namun sekarang bisa juga di akses melalui handphone (Hp) atau pun Gadget.

 

Hp yang sebelumnya hanya berfungsi untuk mengirim pesan singkat dan menelpon saja, saat ini penggunaannya sudah berkembang pesat seperti mengakses berita, mencari informasi yang bermanfaat untuk menambah wawasan hingga dapat menjadi sarana bermain untuk anak-anak, remaja bahkan orang dewasa.

 

Berita Sejenis
1 daripada 3.252

Zaman modern ini bisa juga dikatakan sebagai era globalisasi, karena saat ini di dunia hampir tidak memiliki lsgi sekat atau pembatas oleh mudahnya mengakses informasi. Salah satunya adalah gadget, melalui gadget setiap individu dapat mengakses hal-hal yang terjadi di sekitarnya maupun di belahan dunia lain yang ingin ia ketahui.

 

Gadget sendiri mempunyai pengaruh yang besar terhadap setiap individu, termasuk anak yang hendak memasuki masa remaja yaitu anak yang duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang biasa disebut masa putih abu-abu.

 

Masa putih abu-abu merupakan masa dimana anak yang hendak remaja tersebut belum mempunyai pendirian yang kuat, mereka masih mudah dipengaruhi atau biasa disebut masih labil. Sebagian dari mereka menganggap masa SMA ini merupakan masa keemasan mereka, dimana mereka ingin bertingkah laku semaunya sendiri.

 

Selain itu, saat ini siswa SMA sudah tak asing lagi dengan kata gadget. Sebagian besar mereka sudah mempunyai gadget. Mereka menggunakan gadget untuk hal-hal yang bermanfaat seperti menambah wawasan ilmu pengetahuan serta untuk mengetahui informasi peristiwa apa yang terjadi hari ini.

 

Disamping fungsi gadget untuk hal-hal yang bermanfaat, gadget juga dapat digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat atau bahkan membawa mudharat bagi mereka. Anak-anak SMA saat ini kebanyakan tidak cakap dalam menggunakan gadgetnya.

 

Mereka menjadi lalai di sekolah karena keseruan membuka sosial media dan bermain game di gadget hingga lupa waktu. Sehingga membuat mereka melupakan kewajiban mereka sebagai pelajar untuk mengulangi pelajaran saat di rumah serta mengerjakan pekerjaan rumah (PR) apabila ada.

 

Akibatnya dari hal-hal tersebut akan berujung pada pengaruh mereka di sekolah. Mulai dari tidak serius menjalani proses belajar mengajar hingga membuat mereka saat ada ulangan mereka menggunakan SKS atau Sistem Kebut Semalam yaitu baru mengulangi pelajaran di rumah saat ada ulangan saja hingga membuat hasil ulangannya pun tidak sesuai yang diharapkan.

 

Maka dari itu mari kita menggunakan gadget dengan pintar, yaitu dengan menggunakan gadget dengan seperlunya saja tidak berlebihan. Dan menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat bukan menggunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat atau bahkan membawa mudharat bagi kita. Mari kita pilih terlebih dahulu hal-hal yang ada di gadget,  pilih yang baik lagi bermanfaat dan buang yang jelek lagi membawa mudharat. Jadikan gadgetmu sebagai pelayan kepada kebaikan bukan kesesatan.

 

Penulis : Husnun Nazhir

Mahasiswa : UIN Raden Fatah Palembang

Editor Ejak