Bisa Dipercaya

Moral Milik Pendidik

Anisa Puti mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang.

Dalam pengembangan pendidikan dan moral anak, peran orang dewasa sebagai tempat berinteraksi sangat berpengaruh. Perkembangan moral tidak hanya tergantug pada nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan karakter, tetapi pada kematangan dan kemampuan mereka menyesuaikan diri.

Dalam mendidik seorang anak agar memiliki moral yang baik, sebagai seorang pendidik dan juga orangtua serta orang dewasa di sekitar lingkungan anak tumbuh, mereka perlu mencontohkan perilaku yang baik terlebih dulu.

Berita Sejenis
1 daripada 3.510

Sehingga mereka bisa berinteraksi dengan tepat terhadap teman sebaya atau pun yang berbeda umur. Sebab, mereka biasanya cenderung meniru ucapan atau bahkan kelakuan orang dewasa tersebut.

Hal ini dikarenakan mereka belum bisa menyaring informasi dan perilaku mana yang baik dan mana yang hal buruk untuk dilakukan. Dari pandangan tersebut maka sudah seharusnya sebagai calon pendidik atau mahasiswa dengan jurusan yang berorientasi pada pendidikan harus membekali diri dengan menanamkan moral yang baik agar menjadi contoh untuk peserta didiknya kelak.

Kebanyakan orang menganggap bahwa seorang anak akan memiliki karakter yang baik apabila yang mendidik memiliki moral yang baik pula. Oleh sebab itu, ketika calon pendidik memiliki karakter yang kuat maka akan terbentuk anak didik yang memiliki karakter kuat pula.

Maka dari itu cara untuk menanamkan karakter yang baik untuk mahasiswa sebagai calon pendidik harus menanamkan moral yang baik, salah satunya dengan aktif diorganisasi baik di dalam maupun luar kampus. Kedua melalui keutuhan nilai-nilai pendidikan karakter pada setiap materi yang terdapat dalam mata kuliah.

Selain itu, pendidikan karakter sangat penting untuk mahasiswa sebagai calon pendidik. Jika pendidik memiliki karakter yang baik namun tidak disertakan dengan moral yang baik pula maka semuanya sia-sia. Maka dari itu sebagai mahasiswa calon guru persiapkan diri dan tanamkan sejak sekarang moral yang baik agar menjadi contoh untuk mendidik peserta didikmu kelak.

Penulis : Anisa Putri

Mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang

Jurusan :Pgmi

semester :1

Editor : Ejak