Bisa Dipercaya

Ujian Semester Pakai Android Lebih Efektif

SIswa SMKN Suak Tapeh saat ujian sekolh menggunakan aplikasi di HP. foto/waluyo

 

Banyuasin – Tak ingin kalah dengan sekolah lainnya, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Suak Tapeh sudah mulai mengaplikasikan ujian semester berbasis IT dengan menggunakan gadget Android.

Berita Sejenis

Juruparkir Cekoki Miras dan Perkosa Bocah SD

Kids Zaman Now Menguncangkan Dunia

Tim Satgas Lubuklinggau Cek Stok Jelang Natal

1 daripada 3.081

 

“Ujian sekolah berbasis Ilmu Tehnologi (IT) dengan menggunakan Android, ternyata lebih praktis, efektif dan sangat disukai seluruh siswa,” ucap Kepala Sekolah SMKN Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin Muhammad Syafwan saat dibincangi wartawan (8/12).

 

Untuk di Kabupaten Banyuasin pada jenjang SMKN yang menyelenggarakan ujian sekolah menggunakan Android baru di sekolah yang dipimpinnya saja, sedangkan yang sekolah swasta hanya di SMK Satria Nusantara Betung.

 

“Ujian sekolah menggunakan Android ini baru diselenggarakan untuk tahun ajaran 2017/2018 dan sejak awal ujian dilaksanakan sekolah ini ada sebanyak 530 siswa dari kelas X hingga kelas XII sudah menggunakan Android dan jaringan Wi-Fi sekolah,” jelasnya.

 

Menurutnya, dengan sistem tersebut terlihat siswanya terlihat lebih bersemangat bahkan lebih konsentrasi dan buktinya para siswa dalam mengerjakan ujian sebanyak 40 soal lebih cepat dan para dewan guru juga lebih efektif dalam mengoreksi jawaban hasil kerja siswa.

 

“Dari 40 soal itu jika dalam jawaban siswa benar semua nilainya 100, jika siswa dalam menjawab soal ada yang salah pun mudah dipantau dan siswa diminta mengulangi jawabannya,” ungkapnya.

 

Sementara itu, salah seorang siswa yang sempat dibincangi wartawan mengungkapkan ujian menggunakan Android lebih cepat, sebab setelah ia diberi programnya, lalu meng-klik program itu langsung muncul soal-soalnya.

 

Dikatakannya, pihaknya mengerjakan ujian dengan 40 soal itu hanya butuh waktu 20-30 menit saja sudah selesai dan hasil jawaban juga langsung kami bisa dikoreksi oleh guru, maka jika dari jawabannya ada yang salah akan cepat diketahui dan dilakukan ujian ulang.

 

“Pokoknya menggunakan Android ujian sekolah ini lebih mudah, cepat, praktis dan efektif, apalagi pelaksanaannya Jaringan kami menggunakan Wi-Fi sekolah. Kemudian kami cukup bawa gadget saja untuk ujiannya. Bahkan walaupun listrik padam saja tidak akan terganggu,” pungkasnya. (waluyo/ejak)