Mura Belum Ditemukan Virus Jembrana

KORANKITO/DHIA.

Musirawas-Sebagai salah satu daerah pertanian dan peternakan. Peternak di Kabupaten Mura patut hati-hati membeli sapi. Pasalnya wabah virus jembrana juga sudah menyerang sapi didaerah tetangga yang berdejatan dengan Mura.

“Soal virus jembrana, Mura sampai sekarang masih aman,  belum ditemukan sapi terjangkit virus ini.  Namun kita mesti waspada dan melarang bagi peternak agar tidak membeli sapi dari Muba dan Bengkulu,” tegas Sekretaris Dispernakan Mura, Tohirin.

Berita Sejenis

Jejawi Akan Jadi Sentra Ternak Sapi

Tohirin menyebutkan  dari  14 kecamatan yang ada di Kabupaten Mura hampir sebagian besar merupakan daerah sentral peternakan sapi.  Antara lain kecamatan Tugumulyo, Purwodadi, Sumberharta, Megang Sakti,  Muara Lakitan, Muara Kelingi, Jayaloka, Tuag Negeri dan Sukakarya.

“Kalaupun ada yang terjangkit penyakit, hanya penyakit biasa mulai dari gatal hingga memar akibat jeratan tali dan bisa dengan mudah diatasi,” tambahnya.

Sementara  Ferry peternak sapi warga mataram Kecamatan Tugumulyo mengatakan sejak dirinya beternak belum pernah menemukan ada sapi terjangkit penyakit berbahaya, selama ini  ternak sapi sebatas terserang deman.

“Kalau sampai sekarang sapi masih aman, saya sudah tiga tahun mengurusi hewan ternak terutama sapi belum ada temukan sapi mati karena penyangkit parah, apalagi virus jembrana,” jelasnya. Korankito.com/dhia/.depe.