Bisa Dipercaya

Pilgub Sumsel Berpotensi Dua Pasang, Head To Head Mekki VS Dodi

Foto/dok

Palembang – Perebutan kursi Gubernur Sumsel terssa mulai memanas, berdasarkan hitung hitungan dari calon calon yang berpotensi untuk melenggang maju menjadi calon Gubernur Sumsel periode 2018 – 2023 hanya adq dua pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur yaitu Ishak Mekki-Azwari Rivai dan Dodi Reza-Giri Ramanda.

Sebenarnya masih ada calon lainnya Herman Deru-Mawardi Yahya yang sejak jauh hari sebelumnya mendeklarasikan diri maju dalam Pilgub Sumsel 2018 tapi diperkirakan tidak bisa mengikuti pemilihan karena kekurangan partai politik pengusung.

Berita Sejenis

Namun hitung-hitungan ini bisa jadi salah jika pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya cepat bergerak untuk mendapatkan parpol pengusung. Ini disebabkan karena mereka baru mendapat dukungan dari Nasdem (5 kursi DPRD) dan kabarnya juga PAN (6 kursi DPRD). Seandainya PAN jadi mengusung, pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya baru mendapat dukungan 11 kursi dari 15 kursi yang disyaratkan.

Sementara berdasarkan informasi yang didapat saat ini Wagub Sumsel Ishak Mekki dan Bupati Lahat Azwari Rivai tengah menjalin komunikasi yang sangat efektif dan kemungkinan akan bergabung untuk menjadi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Ishak Mekki membawa partai koalisi Partai Demokrat (11 kursi), Partai Persatuan Pembangunan (2 kursi) dan Partai Bulan Bintang (2 kursi), sedangkan Azwari Rivai membawa koalisi Partai Gerindra (10 kursi) dan Partai Keadilan Sejahtera (5 kursi).

Dari informasi yang dihimpun, Bupati Muba Dodi Reza Alex yang saat ini didukung Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa sedang menjalin komunikasi yang efektif juga dengan Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda yang juga Ketua PDIP Sumsel. Jika mereka jadi pasangan berarti terjadi koalisi Golkar, PKB, PDIP dan kabarnya Hanura yang juga bakal mendukung Dodi.

Ketika dikonfirmasi Ketua Demokrat Ishak Mekki mengungkapkan memang sudah ada beberapa kandidat calon wakil gubernur yang akan disodorkan ke DPP Partai Demokrat. “Ya ada kira-kira tiga figur yang bakal disodorkan, namun saya tidak mau menyebut,” katanya ketika ditanya tentang siapa pasangannya.
Menurut Ishak, dalam waktu yang tidak lama dirinya bersama calon wakil gubernur bertemu dengan pers sehingga nantinya tidak hanya calon gubernur tapi juga calon wakil gubernur yang siap berdiskusi dengan pers Sumsel.

“Tentu wakil saya punya elektabilitas cukup, partai pendukung dan massa,” jelasnya.
Sejumlah sosok wakil gubernur yang kemungkinan besar mendampingi Ishak Mekki adalah Azwari Rivai, mantan Walikota Palembang Eddy Santana Putra dan bahkan tersebut nama anggota DPR dari Gerindra Edy Prabowo. Namun nama Azwari kian santer disebut untuk mendampingi Ishak.

Sementara itu selama ini Dodi Reza masih belum mau mengungkapkan siapa yang bakal menjadi wakilnya. Dia menyerahkan sepenuhnya pada kebijakan Partai Golkar, hanya dia menyebut pihaknya calon gubernur yang pertama memenuhi syarat maju dalam Pilgub 2018 karena mendapat dukungan dari PKB, Oktober lalu. Golkar 10 kursi dan PKB 6 kursi. Bahkan dirinya tidak menampik juga akan mendapat dukungan dari Hanura (5 kursi).

Selama ini komunikasi efektif juga dijalin dengan Giri Ramanda yang membawa PDIP (13 kursi). Tapi sampai sekarang Hanura dan PDIP belum secara resmi memberikan dukungan pada siapapun untuk menjadi calon gubernur Sumsel. Besar kemungkinan Dodi-Giri akan berpeluang jadi pasangan.(Korankito.com/mbam)