Bisa Dipercaya

Pemprov Sumsel Usulkan Tegal Binangun Masuk Wilayah Palembang

Aksi demo warga Tegal Binangun menuntut kepengurusan administrasi kembali ke Kota Palembang. foto/waluyo

 

Warga Tegal Binangun Geruduk Kantor Gubernur Sumsel

 

 

Palembang – Atas desakan warga Tegal Binangun Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin selama ini, akhirnya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Nasrun Umar menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel mengusulkan warga Tegal Binangun masuk Kota Palembang agar tidak terjadi keresahan seperti selama ini.

 

Berita Sejenis

Juruparkir Cekoki Miras dan Perkosa Bocah SD

Kids Zaman Now Menguncangkan Dunia

Tim Satgas Lubuklinggau Cek Stok Jelang Natal

1 daripada 3.081

“Selama ini masyarakat Tegal Benangun berurusan dengan Pemerintah Kota Palembang walaupun mereka masuk Kabupaten Banyuasin,” kata Nasrun Umar usai memimpin rapat pembahasan batas wilayah di Palembang.

 

Lebih lanjut dia mengatakan, usulan itu bukan tidak beralasan karena sebelumnya telah dibahas tim Kementerian Dalam Negeri. Selain itu masyarakat Talang Buluh yang masuk Kota Palembang diserahkan pada Kabupaten Banyuasin karena selama ini mereka berurusan dengan kabupaten pemekaran Banyuasin.

 

Begitu juga warga Talang Jambe akan diserahkan pada Kota Palembang walaupun ada administrasinya masuk Kabupaten Banyuasin. Sedangkan masyarakat Merah Mata masalah administrasinya diserahkan pada Pemerintah Banyuasin.

 

“Itu jalan keluar dalam pembahasan batas wilayah tersebut dan Pemerintah Kota Palembang telah menyetujui,” ujarnya.

 

Sementara itu, Asisten I Pemerintah Kabupaten Banyuasin Senin Har mengatakan, pihaknya akan menyampaikan kepada bupati hasil keputusan rapat tersebut. Pihaknya akan menyampaikan secepat mungkin supaya permasalahan tersebut selesai dengan baik. “Akan kita urus secepatnya,” katanya.

 

Ketika ditanya mengenai kantor Lurah Tegal Binangun yang baru diresmikan, dia mengatakan, itu tidak menjadi masalah karena kelurahan tersebut bukan saja melayani masyarakat Tegal Binangun tetapi warga lainnya ada masuk kelurahan tersebut.

 

Terpisah, Asisten I Pemerintah Kota Palembang Sulaiman mengatakan, pihaknya menyetujui akan usulan dari Pemprov Sumsel tersebut. Dimana warga Talang Buluh yang masuk Kota Palembang diserahkan pada Kabupaten Banyuasin tidak menjadi masalah apalagi selama ini masalah administrasi masyarakat tersebut berurusan pada Pemerintah Kabupaten Banyuasin. “Yang jelas ini jalan keluar dalam menyelesaikan batas wilayah yang dipermasalahkan selama ini,” pungkasnya. (waluyo/ejak)