Muratara Termasuk Kabupaten Peduli HAM

Kasubid Pemajuan HAM Kanwil Sumsel Hamsir. foto/dhia

 

Muratara – Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) termasuk dalam daerah yang peduli dengan hak asasi manusia (HAM). Hal ini terbukti dari terpilihnya Kabupaten Muratara dan 14 kabupaten/kota lainnya di Sumatera Selatan (Sumsel) yang akan hadir pada peringatan ke-69 HAM di Solo pada 10 Desember mendatang.

 

Kabupaten/kota yang diundang ini merupakan kabupaten/kota yang dinilai perduli terhadap HAM. Penegasan ini disampaikan Kasubid Pemajuan HAM Kanwil Sumsel Hamsir.

 

Berita Sejenis
1 daripada 3.911

Menurutnya, Muratara sendiri dinilai sebagai kabupaten yang peduli HAM bersama dengan Kabupaten  Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin. Kemudian Musi Rawas, Ogan Ilir, OKU, Pagar Alam dan Prabumulih, Lubuklinggau, Palembang, OKI dan OKU Timur.

 

Dijelaskannya, kriteria yang dimaksut yakni kriteria daerah kabupaten/kota Peduli HAM didasarkan pada terpenuhinya hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

 

“Penilaiannya per 15 Oktober lalu dengan data pendukung yang didapat dari kabupaten/kota tersebut dalam pelayanan dan penyikapan terhadap HAM itu sendiri,” ungkapnya.

Hamsir berharap, kedepannya pencapaian penilaian itu ditingkatkan sehingga semua kabupaten/kota di Provinsi Sumsel juga mendapatkan penghargaan tersebut. “Harus itu,  dan ini amanah Undang-Undang, “pintanya.

 

Diketahui, dari 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan (Sumsel), 15 diantaranya mendapat undangan pada peringatan ke-69 HAM yang akan dilaksanakan pada 10 Desember mendatang di Solo. (dhia/ejak)

 

AN