Bisa Dipercaya

Tak Punya Uang, Tiga Sekawan Curi Besi Pertamina

Banyuasin- Berdalih tidak mempunyai uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tiga sekawan yakni, Erwin alias Raden, Olik, dan M Feri Ashari nekat mencuri plat besi milik PT Pertamina.

Namun sialnya, belum sempat menikmati uang hasil penjualan barang hasil curian. Ketiga tersangka justru harus mendekam di sel tahanan setelah diringkus Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Mariana, Banyuasin, Jum’at (17/11) siang.

“Saya terpaksa ikut mereka mencuri, karena tidak mempunyai uang untuk makan sehar-hari. Tapi belum sempat terjual, kami sudah ditangkap oleh polisi,” ungkap Feri saat gelar perkara dan barang bukti di Mapolsek Mariana.

Berita Sejenis
1 daripada 12

Feri mengatakan, baru satu kali ini mencuri plat besi milik PT Pertamina. “Saya hanya bertugas mengangkat besi itu dari lokasi ke dalam mobil Pak. Kalau yang memotongnya itu AS (DPO),” kata pria yang belum berkeluarga ini.

Senada diungkapkan Olik. Ia mengatakan sudah dua kali mencuri besi di lokasi yang sama. “Kami jual di kawasan Musi II. Satu kilonya seharga Rp4 ribu, uangnya saya gunakan untuk makan sehari-hari. Kalau saya sudah dua kali,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, perbuatan para tersangka terjadi di Jalan Sabar Jaya, kawasan Jeramba Patah, Kelurahan Mariana, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Kamis (16/11) sekitar pukul 23.00.

Dimana, Raden, Olik, Feri dan tiga tersangka lainnya yang masih buron, mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dengan menggunakan mobil pickup dan langsung memotong besi plat penyangga tanah menggunakan alat pemotong las.

Kapolsek Mariana AKP Naziruddin mengatakan, usai menerima laporan dari korban yakni PT Pertamina, pihaknya langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan tiga pelaku di kediaman masing-masing.

“Modus yang mereka berpura-pura mencari barang bekas. Akan tetapi mereka mengambil plat besi di bantaran sungai, dengan cara dipotong menggunakan alat las dan diangkut ke dalam mobil pick up. Mereka ini spesiaslis, sudah beberapa kali,” katanya.

Naziruddin menyebutkan, dari tangan tersangka pihaknya mengamankan barang bukti berupa dua tabung oksigen, satu tabung gas elpisi, dua linggis, lima kabel las, dan satu unit mobil pickup Daihatsu Exspaas nopol BG 9637 JB.

“Tersangka ada enam orang, namun yang berhasil diamankan tiga. Tiga lainnya berhasil meloloskan diri dan akan terus kita kejar karena identitasnya sudah dikantongi. Para tersangka ini akan dikenakan Pasal 363 KUHP,” pungkasnya. Korankito.com/depe.