Tekan Angka Kecelakaan dengan Menggelar Safety Riding

Demonstrasi cara mengendarai motor yang aman dalam acara Police dan Jasa Raharja Go To Campus. Foto/adi

Palembang- Guna menekan angka kecelakaan berlalu lintas, PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Sumatera Selatan bekerjasama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Sumsel meyelenggarakan acara Police dan Jasa Raharja Go To Campus. Selain itu juga kampanye safety riding yang digelar di Kambang Iwak (KI), yang diikuti sekitar 400 pengendara motor dari berbagai komunitas atau club motor yang ada di Palembang.

Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumsel Kombes Pol Muhammad Taslim Chairuddin mengatakan, kegiatan safety riding ini sendiri bertujuan, memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas mengenai cara berkendara yang aman. Serta masyarakat juga diingatkan agar selalu menggunakan atribut lengkap, dan membawa kelengkapan surat jika akan berkendara.

“Mereka yang mengikuti safety riding ini menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Melalui mereka nanti akan mensosialisasikan, mengenai berkendaraan khususnya sepeda motor,” katanya, saat dibincangi usai sefety riding di Kambang Iwak (KI), Kamis (19/10).

Ia menjelaskan, hal ini sangat perlu dilakukan untuk menekan pelanggaran pengguna jalan yang memicu kecelakaan, serta menekan angka kecelakaan setiap tahunnya. Dalam safety riding ini untuk mendidik, melatih dan memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat agar dapat berkendara dengan baik di jalan raya.

“Dengan adanya safety riding ini minimal kesadaran masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas meningkat, maka angka kecelakaan juga diharapkan dapat menurun. Melalui para pelopor keselamatan berlalu lintas ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, meski angka kecelakaan tahun ini mengalami penurunan, namun umumnya korban lakalantas (kecelakaan lalulintas) itu didominasi oleh usia produktif antara 17-30 tahun.

“Misalnya anak-anak remaja, mahasiswa dan sebagainya. Hal ini yang menjadi perhatian bagi kami untuk mengadakan safety riding. Bekerjasama dengan PT Jasa Raharja, sebagai perusahaan finansial yang peduli akan keselamatan pengendara,” katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Jasa Raharja Sumsel T Adnan mengatakan, angka kecelakaan terjadi akibat banyak pelanggaran lalulintas. Karena itu, tujuan dari kegiatan ini untuk menurunkan angka kecelakaan lalulintas. Selain safety riding juga ada kegiatan seminar dan safety riding. Seminar mengusung tema “Melalui Lembaga Pendidikan Kita Bangun Budaya Tertib Berlalu Lintas Menuju Indonesia Tertib Tahun Keselamatan untuk Kemanusiaan Tahun 2017 2018″

“Kami mau bangunkan kesadaran masyarakat agar berkendara harus pakai helm,” katanya.

Khusus safety riding pihaknya sengaja mengajak berbagai komunitas di Kota Palembang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas mengenai cara berkendara yang aman.

“Sesuai yang dicanangkan oleh Kepolisian Republik Indonesia Tahun Keselamatan untuk Kemanusiaan tersebut, bertujuan untuk menekan pelanggaran pengguna jalan yang menjadi pemicu kecelakan dan untuk menekan angka kejadian kecelakan lalu lintas,” pungkasnya. Korankito.com/adi/depe