‘Si Jago Merah’ Mengamuk, Sembilan Rumah Ludes Terbakar

Rumah yang ludes dilalap api. Foto/candra

Palembang-  Kebakaran hebat di pemukiman padat penduduk kembali terjadi. Kali ini di Jalan Putri Dayang Rindu RT 16, RW VI, Kelurahan Keramasan, Kecamatan Kertapati, Palembang, Rabu (18/10) sekitar pukul 08.00.

Tak ayal dalam peristiwa kebakaran tersebut enam rumah yakni milik Amin (45), Musbaini (40), Sukati (43), Sopian (41), Angkut (50) dan Umar (67) beserta tiga bedengnya hangus dilalap si jago merah.

Menurut keterangan Umar, dirinya pertama kali melihat api berasal dari rumah Sopian yang saat kejadian memang sedang kosong. Tak lama, api membumbung tinggi ke bagian ruangan tengah dan menyambar rumah warga lainnya.

“Api sudah membesar, asalnya dari rumah Sopian,” katanya saat ditemui di tempat kejadian perkara (TKP).

Diakuinya,  warga sekitar tak mendengar adanya suara ledakan dari rumah Sopian, api yang besar dan  angin yang kencang membuat begitu cepat rumah dikawasan tersebut hangus terbakar. “Sekitar 10 rumah pak yang terbakar ini,” terangnya.

Vita salah satu warga yang rumahnya ludesnya terbakar hanya bisa pasrah. Sembari ditenangkan dan dipeluk oleh warga sekitar, ia hanya bisa menangis. “Habis semuanya, tidak ada yang tersisa,” keluhnya.

Delapan unit mobil dari Dinas Penanggulangan Bencana Kebakaran (PBK) Kota Palembang dibantu satu unit Damkar dari PT Sunan Ruber dan warga, api dapat dipadamkan setelah dua jam kemudian.

Sementara KA SPK Polresta Palembang, Ipda Bambang Haryanto mendapatkan laporan dari warga adanya Kebakaran tersebut langsung mendatangi lokasi kejadian dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan mengumpulkan keterangan dari beberapa saksi.

“Kita belum tahu dari mana asal api ini, namun kerugian warga diperkirakan hingga ratusan juta,” singkatnya. Korankito.com/CR2/Depe