Untuk Pertama Kalinya Ujian Pendidikan Kesetaraan Gunakan UNBK

Suasana Ujian Nasional di salah satu ruangan SMA Negeri 1 Indralaya. Foto/harry

Indralaya – Sebanyak 64 siswa Pendidikan Kesetaraan atau yang lazim disebut sekolah paket yang ada di Kabupaten Ogan Ilir (OI) untuk kali pertama mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal ini diungkapkan Kasi Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir (OI), Dewi Yanuar, Jumat‎ (13/10).

“UNBK ini akan berlangsung di SMAN I Indralaya Selatan mulai 13-15 Oktober mendatang, dengan rincian peserta ujian paket B sebanyak 16 orang danpeserta paket C sebanyak 48 orang,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, ke-64 peserta ini berasal dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sumber Jaya Indralaya. Yang mana ujian sistem UNBK yang pertama kalinya ini merupakan ujian gelombang II.

“Untuk gelombang pertama sudah dilaksanakan secara manual pada bulan April lalu. Dan ini merupakan UNBK pertama kalinya yang diikuti oleh PKBM yang ada di OI,” ujarnya

Ia menambahkan ‎tercatat 1.082 warga belajar yang terdapat di  11 pendidikan kesetaraan atau sekolah paket yang ada di Kecamatan Indralaya, Tanjung Batu, Tanjung Raja, Rantau Panjang, Pemulutan Selatan, Parayaman, Kandis dan Kecamatan Indralaya Selatan baik kategori Paket A,B, maupun paket C.

“Diharapkan Pemerintah dapat memfasilitasi untuk UNBK ini yang dipantau langsung Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan OI, kabid pendidikan non formal, kasi pendidikan non formal dikbud OI dan melibatkan dua orang pengawas,” jelasnya. Korankito.com/harry/ria