Bisa Dipercaya

Alami Preeklamsia, Winda Viska Lahirkan Bayi Prematur

Winda Viska.dok

Winda Viska melahirkan anak kedua ketika usia kandungannya masih 35 minggu. Winda terpaksa melahirkan bayi prematur karena ia mengalami preeklamsia, kelainan pada wanita hamil.

Ditemui usai melahirkan, Winda menceritakan gejala yang ia alami sebelum dokter mengambil tindakan cepat dan tepat untuk menyelamatkan bayi dan ibunya.

Berita Sejenis
1 daripada 3.093

“Sebenarnya hamil itu kemarin pas lagi bikin single terus sudah sambil-sambil semuanya baik-baik saja. Semuanya normal, tensi dan segala macam. Pokoknya sehat-sehat ya terus menjelang 7 bulan aku divonis preeklamsia,” kata Winda saat ditemui di Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (10/10).

“Itu adalah satu gelaja yang tiba-tiba tekan darah tinggi naik. Dan aku tuh nggak punya riwayat itu sebenarnya. Sebelum hamil justru cenderung darah rendah malah ikut mama. Tiba-tiba tinggi 140 per berapa gitu. Terus dokter bilang harus jaga kesehatan, apalagi kamu mau normal,” lanjutnya.

Tapi sayang, keinginan melahirkan bayi secara normal tak terwujud. Winda harus naik meja operasi karena preeklamsia yang ia alami sudah menyerang ginjal. Jika dibiarkan saja, maka akan bahaya untuk janin dan ibunya.

“Besok paginya dicek ternyata tes urinenya sudah merah, itu terjadi katanya sih sudah menyerang ginjal. Sel darah merahnya sudah pecah-pecah. Jadi akhirnya harus segera ditindak lanjuti. Proses persalinannya secara sesar pun dilakukan. Padahal sudah sempat bukaan 1 karena pengen normal, tapi karena pagi-pagi sudah ditemukan menyerang ginjal, nggak bisa nunggu lagi sebelum…, sebelum…, sebelum,” tandasnya. O tri