Masyarakat Desa Indralaya Utara Ikuti Pelatihan SDM

Sejumlah Peserta berfoto bersama para narasumber pelatihan SDM. Foto/harry

Indralaya-Dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM), puluhan masyarakat desa, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir (OI) mengikuti pelatihan yang berlangsung di Aula Rumah Makan Sederhana Kelurahan Timbangan, Minggu (8/10).

Kegiatan yang diprakarsai Lembaga Pendidikan Peduli Kinerja Pemerintah yang berada di Kementrian Dalam Negeri ini berlangsung selama satu pekan yang melibatkan unsur pemerintah desa dan masyarakat.

Camat Indralaya Utara Jamhuri saat membuka acara tersebut mengatakan, agar para peserta pelatihan dapat benar-benar fokus dan serius mengikuti dan menyimak apa yang disampaikan oleh pemateri.

“‎Apalagi pelatihan ini, sudah dianggarkan oleh pemerintah pusat melalui dana desa. Jadi pemerintah tidak main-main untuk kesejahteraan rakyatnya,” kata Jamhuri.

Terpisah Budi Harjaya, salah satu peserta pelatihan yang menjabat juga sebagai kades mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat desa karena para pematerinya langsung dari Kemendagri pusat.

Adapun ‎narasumber dari Kementrian Dalam Negeri RI Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Balai PMD Lampung, diantaranya Esterlina, Irsan dan Aris Rahman. 

Materi yang disampaikan tentang kewenangan desa dalam pengelolaan aset desa, perencanaan dan pendayagunaan aset desa, penghapusan dan pemindahtanganan aset, pedoman umum kodefikasi aset desa, manfaat teknologi dalam pembangunan desa, peran aktif PKK dalam proses perencanaan partisipatif. korankito.com/harry