Jalinsum Lahat – Palembang Macet Total, Ternyata Ini penyebabnya!

Kondisi ruas Jalinsum Lahat-Muaraenim yang macet akibat pohon tumbang. Foto/ujang

LAHAT – Saat suasana mendung sore hari yang menyelimuti antero Kota Lahat sore ini, Sabtu (7/10) para pengendara mendadak dikejutkan dengan tumbangnya pohon sengon yang cukup besar di tepi ruas Jalan Lintas Sumatera Lahat- Muara Enim, tepatnya di seputar Desa Kota Raya, Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat.

Tumbangnya pohon ini mengakibatkan macet totaln di jalur Jalinsum Kotaraya kecamatan Lahat. Kemacetan yang terjadi menyebabkan situasi di sepanjang jalan lintas sumatera Desa Kota Raya ini tampak kendaraan roda empat dan roda 2 baik yang berasal dari Kabupaten Lahat menuju muara enim dan sebaliknya tampak mengular.

Kepala BPBD Kabupaten Lahat Drs. Marjono, MM melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Veri Arisandi, ST mengatakan, tumbangnya pohon sengon ini terjadi sekitar Pukul 15.00 wib. Menurutnya, dikarenakan kondisi pohon yang memang sudah buruk termakan usia”, ujarnya di hadapan awak media.

Lebih lanjut Marjono memperkirakan, bahwa situasi kemacetan yang terjadi tidak akan berlangsung lama, karena pihaknya sesegera mungkin melakukan penanganan dengan memotong kayu dan ranting yang menutupi jalan raya.

“Dengan dibantu oleh dinas perhubungan yang mengatur lalu lintas, menyebabkan antrian kendaraan yang sempat mengekor berangsur, angsur dapat kembali berjalan normal dan lancar”, imbuhnya menambahkan.

Terpantau di lokasi kejadian, tampak kesibukan petugas BPBD dan dinas Perhubungan Lahat sedang melakukan Pemotongan kayu dan mengurai kemacetan yang terjadi.

“Mudah mudahan macetnya nggak lama, jadi aktivitas jalur ini bisa lancar lagi”, harap Hendri, seorang warga Merapj Barat, yang kebetulan sedang hendak melintas di lokasi. (korankito.com/ujang/mbam)