Siap-siap! Pejabat Yang Kerap Mangkir Hadiri Kegiatan, Bakal Diberi Ini

Kursi yang disiapkan panitia terlihat banyak yang kosong, karena pejabat dan tamu undangan banyak yang tidak hadir. Foto/rodi

Empatlawang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empatlawang akan memberikan peringatan tegas kepada pejabat dan staf dilingkungan Pemkab Empatlawang yang tidak mendukung kegiatan dan program pemerintah dengan tidak menghadiri setiap kegiatan yang di gelar. Hal ini menyusul banyaknya pejabat dan staff yang tidak hadir pada kegaiatan yang di gelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN), Jumat (6/10).

“Saya sangat kecewa. Mana kepala dinas, kepala badan, kepala kantor, hanya beberapa orang yang hadir di acara ini. Di apel pagi tadi juga sepi, sudah habis akal bagaimana agar pejabat ini berpartisipasi saat acara pemerintah. Hal ini sudah saya sampaikan dengan bupati,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Edison, saat menyampaikan sambutan.

Padahal, kata Edison, ia telah menyampaikan kepada pejabat bahwa ada acara peringatan HAN di hotel KITO, namun nyatanya pejabat banyak yang tidak hadir. “Nanti akan kita berikan peringatan, baik itu secara lisan maupun tertulis. Apabila masih juga tidak bisa, kita akan koordinasi dengan ASN,” katanya.

Edison berharap, seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empatlawang memiliki rasa tanggungjawab disetiap acara pemerintah. “Yang kita inginkan itu pejabat memiliki rasa tanggungjawab dan mendukung kegiatan dan program pemerintah,” imbuhnya.

Dalam peringatan HAN ini, Edison pun juga meminta agar para generasi bangsa diberikan pendidikan yang berimbang, yakni pendidikan masalah dunia dan akhirat. Sebab jika sudah dilatih dari kecil untuk jujur nantinya akan terbiasa jujur.

“Anak itu perlu diberi bekal ilmu, yang terpenting itu yakni masalah agama. Sebab saya yakin ilmu tanpa agama tidak akan berjalan,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Bambang Irawan mengatakan, tujuan dari acara tersebut yakni mengembangkan kemampuan anak dan memberikan penghargaan untuk setiap generasi bangsa.

“Kita harapkan anak-anak di Empatlawang ini dapat mencapai cita-citanya  dan harus memiliki prestasi agar tercapai apa yang dicita-citakan. Harus bangga menjadi masyarakat Empatlawang,” katanya.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Empatlawang Agusni Effendy melalui Sekretaris Gatmir menuturkan, dalam mendidik anak dan generasi bangsa itu yang terpenting yakni pendidikan keluarga. Karena para anak lebih lama di rumah daripada di sekolah.

“Para orang tua harus menjaga anaknya, baik itu di lingkungan sekolah maupun  di lingkungan tempat tinggal. Anak harus diperhatikan, jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan,” ungkap Gatmir. Korankito.com/rodi/ria