Bisa Dipercaya

Kekuatan Bangsa Ada Pada Kekompakan Rakyat dan TNI

Suasana upacara peringatan HUT TNI ke-72 di Kabupaten Lahat. Foto/Ujang.

Lahat – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-72 Tahun 2017, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat menggelar upacara di halaman Kodim Lahat tepatnya didepan aula Gedung Bambang Oetoyo Lahat, Kamis (05/10).

Turut hadir dalam upacara ini Plt Sekda Lahat Hariyanto, Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi, SIK, pegawai negeri sipil (PNS) dilingkungan Satuan Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Lahat, Organisasi Masyarakat (Ormas) dan para pelajar.

Berita Sejenis
1 daripada 3

Komandan Tebek Lahat, Mayor Khoirul yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat Panglima TNI. Dikatakannya, penyelenggaraan HUT TNI dengan tema “Bersama Rakyat TNI Kuat” tersebut ada makna yang terkandung didalamnya yakni TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat.

“Inilah esensi yang menjadi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar ditengah-tengah arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis, kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diserasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern. Sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ungkapnya.

Dijelaskannya, kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta, yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI dan rakyat adalah inti dari pusat kekuatan dan sistem pertahanan.

“Berbagai tugas telah dilakukan oleh prajurit TNI dengan baik, tugas tersebut merupakan prestasi dari kinerja optimal yang dipersembahkan TNI kepada rakyat Indonesia. Seperti penanggulangan kebakaran hutan, bantuan kepada korban bencana alam, banjir dan longsor. Tidak hanya itu, keberhasilan TNI melaksanakan operasi dalam rangka menumpas aksi-aksi terorisme,” terangnya.

Dalam kaitan tersebut, TNI senantiasa membangun mekanisme kerja dan hubungan kelembagaan dengan segenap komponen bangsa. Dalam rangka meningkatkan ketahanan masyarakat dan ketahanan Nasional.

“Pembangunan kekuatan TNI terus dilaksanakan dalam rangka menjaga kesinambungan pembangunan pada tahap sebelumnya, guna menuju pencapaian pembangunan postur ideal. Pembangunan kekuatan TNI tetap difokuskan kepada modernisasi, pengembangan organisasi, pembangunan sarana dan prasarana. Terutama di pulau-pulau strategis yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan lingkungan,” jelasnya.

Pada hakekatnya, ini merupakan salah satu bentuk tanggungjawab TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI.

“Perwujudan TNI juga tidak boleh lepas dari peran serta rakyat, karena TNI hadir dari rakyat dan untuk rakyat. Karena kekuatan bangsa ada pada kekompakan rakyat dan TNI,” terangnya.

Dalam pucak pelaksanaan HUT TNI Ke-72 Tahun ini, selain dilakukan penanaman pohon bersama, diisi dengan pemotongan nasi tumpeng dan makan bersama. Sebagai ucapan rasa syukur karena dapat merayakan HUT TNI ke-72 Tahun. Korankito.com/ujang/ria