Waduh! Tembok Makam Ambruk Saat Dibangun 

Ambruk – Tampak amruknya tembok penahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Persiapan Betung Utara, Kecamatan Abab, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Foto/cr1

PALI – Tembok tempat pemakaman umum (TPU) Desa Persiapan Betung Utara, Kecamatan Abab, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) ambruk tanpa alasan yang jelas.

Sayangnya pembangunan yang menelan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten PALI 2017 senilai Rp 545 juta tersebut, yang masih dalam pengerjaan oleh PT Nikan Radja Djaya, ditemukan roboh oleh warga setempat yang melintasi daerah tersebut.

Salah seorang warga yang bermukim tidak jauh dari lokasi bernama Sentri (38) mengatakan, bahwa robohnya tembok itu sendiri berlangsung pada malam hari. Namun, dirinya tidak mengetahui pasti faktor yang menyebabkan robohnya tembok di TPU desanya itu.

“Sebelum kejadian roboh ini. Behel besi yang digunakan untuk pengecoran beton tembok, dicuri sebanyak 11 tiang dan empat diantaranya ditemukan tidak jauh dari lokasi pengerjaanya. Sedangkan tujuh lainya belum ditemukan sampai sekarang,” ujarnya, Selasa (3/10).

Sementara itu, Ketua Forum Aspirasi Masyarakat PALI (FamPALI) Mulyadi Asoy mengatakan, bahwa dirinya memang sudah memprediksi dari awal bahwa pengerjaan proyek tersebut akan berlangsung “panas” yang disebabkan oleh beberapa faktor.

“Saya menyarankan agar pihak kontraktor bisa bekerja dengan baik sesuai rancangan yang telah ditentukan tanpa harus melakukan penyimpangan. Dan kalaupun ada unsur pidana, maka pihak kontraktor kita minta untuk segera ke penegak hukum,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Rakyat Kabupaten PALI Aria Darmawan membenarkan, adanya pengerjaan pembangunan tembok TPU Desa Persiapan Betung Utara, yang mengalami roboh.

“Kita belum menerima laporan dari pihak kontraktor. Dan kita belum juga mengetahui apakah akibat alam ataukah ada unsur kesengajaan,” jelasnya. korankito.com/cr1