Bisa Dipercaya

Hebat! Sumsel,Palembang dan Muba Raih Predikat Terbaik

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Walikota Palembang H Harnojoyo dan Bupati Muba H Dodi Reza Alex foto bersama seusai menerina Penghargaan/hms

JAKARTA – Nama besar Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali berkibar di kancah nasional. Provinsi Sumsel bersama dua kota dan kabupaten di wilayahnya dinilai mampu menjaga daya tarik dan distribusi pembangunan ekonomi daerah.

Tuan rumah Asian Games 2018 ini dinobatkan sebagai Provinsi Terbaik, sedangkan Palembang sebagai kota terbaik, dan Kabupaten Musi Banyuasin sebagai daerah potensial terbaik dalam ajang Penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2017 dari Tempo Inti Media bekerjasama dengan Frontier Consulting Group, di Hotel Westin Jakarta Jumat (29/9).

Direktur Utama Tempo Inti Media Toriq Hadad mengatakan penghargaan ini diberikan bagi pemerintah tingkat dua/kabupaten/ kotamadya dan tingkat satu/provinsi/Daerah Istimewa sebagai penilaian atas keberhasilan pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi daerah dan bagaimana mengelola pembangunan ekonominya. Apresiasi ini diberikan bagi pemerintah kabupaten, kota dan provinsi  yang telah menunjukkan komitmennya supaya daerahnya turut merasakan pertumbuhan.

Sementara Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin yang datang langsung menerima penghargaan mengaku tak menyangka atas penghargaan yang berhasil dibawa Sumsel. Namun demikian dia mengaku sangat bangga Sumsel bisa terpilih dalam ajang bergengsi seperti ini.

“Alhamdulillah ya. Tapi kami  tidak menyangka bisa mendapat penghargaan ini. Soalnya Tempo tidak kasih tahu dan wawancara sebelumnya kalau mereka sudah survey ke daerah-daerah dengan tim konsultannya. Tiba-tiba saja dapat.Tapi jelas ini menjadi motivasi bagi kami untuk lebih baik.  Kalau penghargaan diberikan oleh yang lain barangkali beda juga. Inikan Tempo jelas kita tahu sangat kredibel, semoga ini menjadikan Sumsel lebih baik ke depan,” ujarnya.

Alex berharap, tahun depan lebih banyak lagi penghargaan yang bisa diraih Sumsel. Alex yakin potensi yang ada pada 17 kabupaten dan kota di Sumsel masih bisa dikembangkan.

Berita Sejenis

Sementara itu CEO Frontier Consulting Group Handi Irawan mengatakan penilaian terhadap daerah terbaik ini mereka lakukan dengan menggunakan empat komponen utama yakni tingkat investasi, jumlah insfrastruktur, pelayanan public dan pariwisata. Dari empat komponen itulah dihasailkan Indonesia Attractiveness Awards Index yang digunakan untuk pemeringkatan daerah terbaik.

Empat kriteria penilaian itu dipertahankan setiap tahun agar terdapat kontinuitas penilaian. Sehingga para pemimpin daerah mampu melihat rekam jejak mereka.(korankito/hms/mbam)