6 Unit Rumah Hangus Terbakar, di Pendopo Empatlawang

Anggota Polisi dan warga sekitar, bahu-membahu memadamkan api di Desa Lubuk Layang, Kecamatan Pendopo, Senin (25/9) sekitar pukul 22.30 WIB.

EMPATLAWANG – Lagi-lagi kebakaran melanda pemukiman penduduk di Kabupaten Empatlawang. Jika sebelumnya kebakaran terjadi di Desa Batu Ampar Kecamatan Lintang Kanan, kali ini giliran Kecamatan Pendopo, mengalami musibah kebakaran, Senin (25/9) sekitar jam 21.30 WIB.

Kebakaran di Kecamatan Pendopo ini, terjadi di Desa Lubuk Layang. Sedikitnya 6 (enam) unit rumah, hangus terbakar dan 5 (lima) unit rumah mengalami kerusakan berat. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Belum diketahui pasti api berasal dari rumah siapa, namun menurut informasi yang dihimpun, api pertama kali diketahui warga melahap salah satu bagian atap rumah warga dan langsung menjalar ke bagian rumah yang disebelahnya. Api baru bisa dijinakkan oleh warga dengan alat seadanya, sekitar jam 23.00 WIB.

“Api cepat menjalar kerumah lainnya dikarenakan bahan rumah terbuat dari kayu atau papan, serta jarak rumah yang berdekatan,” ungkap Adi, salah seorang warga yang berhasil dihubungi menceritakan kejadian tersebut.

Lanjutnya, masyarakat bergotong-royong membantu memadamkan api serta memutus jalur api agar tidak merambat kerumah lainnya. “Diduga kebakaran disebabkan oleh adanya arus pendek listrik,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Empatlawang, AKBP Bayu Dewantoro melalui Kapolsek Pendopo Polres Empatlawang, Iptu Haryanto membenarkan adanya kejadian tersebut. Disampaikannya, tidak ada korban jiwa atas musibah kebakaran ini.

“Iya memang ada kebakaran di desa Lubuk Layang. Kalau korban jiwa tidak ada dan saat ini api sudah berhasil dijinakkan,” kata Haryanto.

Camat Pendopo Kabupaten Empatlawang, Suryadi Husen saat dihubungi turut membenarkan telah terjadi kebakaran di Desa Lubuk Layang. menurutnya, saat ini dirinya bersama dengan unsur tripika sudah di lokasi kebakaran.

“Ya benar, di Desa Lubuk Layang, Kecamatan Pendopo telah terjadi kebakaran, sampai saat ini terdata Enam rumah warga yang habis,” katanya.

“Sementara baru itu yang terdata yakni Enam rumah, namun untuk rusak berat dan ringan kita belum data karena kondisi gelap gulita,” katanya.(korankito.com/rodi)