Bisa Dipercaya

Sumsel Borong 20 Persen Medali Emas Di Asean Para Games

KORANKITO/DOK

Palembang- Indonesia berhasil menyabet gelar juara umum dalam ajang olahraga Asean Para Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Tentunya ini menjadi prestasi apik bagi tim skuad merah putih yang mampu mengalahkan 11 negara Asia yang ikut meriahkan ajang olahraga bergengsi ini

Ketua Umum National Paralympic Commite (NPC) Ryan Yawhari sangat mengapresiasi perjuangan atlet Sumsel yang mampu menyumbangkan 20 persen.

“Luar biasa sekali perjuangan teman-teman, setidaknya 20 persen medali emas APG yang diperoleh Indonesia dipersembahkan oleh Sumsel,” ujarnya

Pasalnya, sebelas atlet andalan Sumsel mampu melenggang dengan hasil terbaik dan berhasil membawa pulang 20 medali emas untuk tim Indonesia. Alhasil, Merah Putih berdiri kokoh di puncak klasmen dengan 126 medali emas,  85 perak san 50 perunggu.

Baru kemudian disusul kontingen tuan rumah Kuala Lumpur Malaysia dengan dipaksa meraih 90 medali emas, 85 perak dam 82 perunggu. Sementara Negeri Gajah Putih Thailand harus legowo diperingkat ketiga dengan torehan 68 medali emas, 72 perak dan 92 perunggu.

“Artinya target Indonesia terlampaui dari 107 medali emas yang ditarget, begitu juga Sumsel yang dua kali lipat dari target awal yakni 11 emas dengan hasil 20 emas,”jelasnya.

Atlet Sumsel yang telah membanggakan Indonesia yakni Jendy Pangabean, Brijita, Yuni, Maksum Firdaus, Agus Tinambela, Hendi Wirawan, Aji Harton, Ade R Nasution dan lainnya dikatakan Ryan tentu sangat membanggakan Sumsel yang saat ini dikenal dimata dunia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 bersama DKI Jakarta.

Untuk diketahui, bahwa dari 20 medali emas yang berhasil dipersembahkan Sumsel, 10 emas diantaranya ditorehkan luar biasa oleh Jendy Pangabean dan Brijita dengan masing-masing meraih lima medali emas.

Sebelumnya, Jendy Pangabean mengatakan hasil APG 2017 musim ini dirinya berhasil menyapu bersih semua nomor yang diikutinya yakni nomor 400 m gaya bebas, 100  m gaya punggung, 200 m gaya ganti, estafet 4×100 m gaya bebas 34 point dan 4x100m gaya ganti 34 point.

“Alhamdulillah, semua nomor yang saya ikuti bisa meraih hasil terbaik medali emas. Terima kasih atas doa masyarakat Indonesia,” terangnya.

Disinggung mengenai resep kemenangannya, Jendy mengatakan bahwa keyakinan dam fokus menjadi kunci utama. Pasalnya, dari lima nomor yang diikuti bisa menyapu bersih dari 11 negara peserta APG 2017 ini. “Ya kuncinya kerja keras dan semamgat latihan terus,” pungkasnya. korankito/nisa/depe.