Bisa Dipercaya

Jejawi Akan Jadi Sentra Ternak Sapi

Petugas Dinas Perkebuna dan Peternakan OKI sat melakukan pemeriksaan kesehatan ternak sapi milik warga. Foto/Endri.

OKI – Desa Tanjung Aur Kecamatan Jejawi, Kabupaten OKI tidak hanya akan dikenal sebagai penghasil beras saja, namun juga akan dikenal sebagai daerah sentra peternakan sapi di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Hal ini menyusul adanya rencana Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten OKI untuk mengembangkan peternakan sapi di desa tersebut.

“Kita akan bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk mengembangkan peternakan sapi di desa ini karena potensinya populasinya tinggi,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Aris Panani, Rabu (20/9).
Berita Sejenis

Mura Belum Ditemukan Virus Jembrana

Aris menyebutkan, saat ini populasi sapi peternakan warga mencapai 500 ekor sapi. Potensi ini dinilai cukup besar, karena bisa menekan kebutuhan daging sapi masyarakat. “Kalau ini dikembangkan maksimal, maka Tanjung Aur bisa menjadi sentra sapi seperti yang sudah dikembangkan di Kecamatan Mesuji” kata dia.
Ia mengatakan, upaya peternakan sapi di Tanjung Aur, sudah dilaksanakan sejak tahun ini melalui program UPSUS yakni sapi indukan wajib bunting (Siwab). Aris optimis upaya ini akan berhasil mengingat ketersediaan pangan dan lahan untuk penggembalaan cukup luas. Sedangkan sumber dananya berasal dari APBN.
Untuk pengembangan lebih lanjut, Aris juga mengaku sudah melakukan penjajakan dengan Universitas Sriwijaya untuk pengembangbiakan hingga pengolahan kotoran ternak. Dia juga berharap, kedepan juga bisa menggandeng pelaku agrobisnis dan peternakan, untuk investasi pengembangan peternakan sapi tersebut. (korankito.com/endri/amel)