10 Rumah di Desa Teluk Terbakar

Kobaran api menghanguskan rumah warga di Desa Teluk, Kecamatan Lais, Kabupaten Muba. KORANKITO/HERI

Palembang- Peristiwa kebakaran di pemukiman padat penduduk kembali terjadi. Kali ini di Desa Teluk, Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Minggu (17/9) sekitar pukul 14.00.

Beruntung, dalam peristiwa naas tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja sedikitnya, sepuluh rumah yang berbahan kayu terbakar hingga mengalami kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Berdasarkan data dihimpun, diduga api berasal dari rumah milik Asro’i. Dimana ketika kejadian, hanya ada Bayu (12). Api dengan cepat membakar seluruh bagian rumah yang berbahan dasar kayu tersebut.

Adanya kobaran api, warga pun mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, angin yang cukup kencang, membuat api semakin besar dan merambat ke rumah warga yang ada disekitarnya.

Sedikitnya lima mobil Pemadam Kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kobaran api. Diantaranya, satu Unit Damkar dari Kecamatan Lais, dua dari Kota seakyu, dan dua dari PT Medco.

Empat rumah warga yang hangus terbakar dan rata dengan tanah yakni, rumah Mar’ah, rumah Asro’i, rumah Bangkok dan rumah Mamat. Sedangkan enam rumah lainnya, hanya terbakar di bagian tertentu saja.

Sekdes Desa Teluk Epri Lestari saat dikonfirmasi di tempat kejadian perkara (TKP) membenarkan peristiwa kebakaran tersebut. Penyebabnya, diduga akibat dari arus pendek dari dalam rumah milik Asro’i.

“Api cepat merambat ke beberapa rumah lainya yang berada di sekitar rumah pertama. Warga pun sempat panik dan berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan dirinya dan perabotan rumahnya,” kata Epri.

Ia menjelaskan kebakaran ini tidak menimbulkan korban jiwa, hanya saja kerugian mencapai puluhan juta. Epri juga mengatakan, musibah ini merupakan yang pertama terjadi di Desa Teluk.

“Semoga peristiwa ini dijadikan pelajaran bagi kita, untuk lebih berhati-hati lagi kedepannya. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.00, dengan mengerahkan enam mobil damkar,” tutupnya. Korankito.com/Heri/Depe.