Satu Setengah Hektar Lahan Terbakar di Lubuklinggau

Petugas PBK dibantu anggota kepolisian tampak sedang memadamkan api yang membakar lahan warga. KORANKITO/DEPE.,

Lubuklinggau- Di Kota Lubuklinggau, (15/9) kemarin, terjadi dua kali kebakaran lahan dan semak dilokasi yang berbeda. Dua kasus kebakaran tersebut menghanguskan sekitar satu setengah hektar lahan kosong yang persis berada diakses pinggir jalan.

Kebakaran pertama terjadi di Jalan Lingkar Selatan, tepatnya di dekat kantor Camat Timur II. Api menghanguskan satu sehektar lahan semak belukar kering. Kebakaran terjadi sekitar pukul 10.30 WIB dan dapat dipadamkan sekitar pukul 12.00 WIB setelah petugas pemadam kebakaran menerjunkan empat unit mobil pemadam kebakaran kelokasi.

“Api dilokasi bertumpuk-tumpuk dan disekitar lahan itu ada orang yang mengumpuli barang bekas. Dugaan akibat puntung rokok,” kata Kepala Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) Lubuklinggau, Kgs Ferry.

Kemudian selang beberapa jam, kebakaran lahan juga terjadi diakses jalan yang sama. Namun lokasi berada di dekat SMAN 9 wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat I. Kebakaran terjadi sekitar pukul 14.39, menghanguskan sekitar setengah hektar lahan kosong kering. Api dapat dipadamkan setengah jam setelah kejadian dengan mengerahkan tiga unit mobil damkar.

Ferry mengimbau kepada pemilik tanah atau lahan, khususnya yang sudah banyak ditumbuhi ilalang kering agar diawasi setiap hari. Sebab dengan kondisi musim kemarau saat ini membuat lahan tersebut rentan terbakar. Apalagi lokasi lahan kering berada dipinggir jalan sehingga dikhawatirkan terjadi kebakaran akibat puntung rokok.

Selain itu, hasil pemetaan pihaknya dari delapan wilayah kecamatan di Lubuklinggau terdapat tiga wilayah kecamatan yang memiliki banyak lahan kosong dan rentan terbakar yakni Lubuklinggau Selatan, Lubuklinggau Barat I dan Lubuklinggau Utara I. “Itu rentan, banyak lahan kosong,” pungkasnya. Korankito.com/dhia/Depe.