Tambah Destinasi Wisata, Targetkan Kunjungan 12 Ribu Wisman

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani. Foto/Ist

Palembang – Untuk menarik lebih banyak lagi wisatawan nusantara (Wisnus) dan wisatawan asing (Wisman) agar datang berkunjung ke Kota Palembang, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pariwisata semakin gencar mempromosikan destinasi wisata yang ada. Tidak hanya itu, penambahan destinasi wisata baru juga di upayakan agar wisman dan wisnus yang datang bisa betah dan akan kembali datang ke Palambang.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata, Isnaini Madani yang mengatakan moment Asean Games mendatang harus dapat dimanfaatkan para pelaku wisata yang ada. Apalagi dengan akan datangnya perwakilan 45 negara yang ikut berpartisipasi dalam perhelatan akbar tersebut, tentunya akan mendatangkan keuntungan untuk Kota Palembang dari sisi pariwisata.

“Target kita mewujudkan 2,1 juta wisatawan nusantara dan 12 ribu wisatawan mancanegara,” ungkapnya,” jumat (8/9).

Isnaini mengatakan, penambahan destinasi wisata tersebut sebagai upaya menarik wisatawan baik domestik dan luar negeri untuk datang ke Palembang. Ia menjelaskan, wisman dan wisnus yang datang berkunjung ke Palembang dapat mendatangi destinasi wisata yang sudah populer dan sudah dikenal seperti Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) dengan Sungai Musinya, ruko warna-warni dan Kuliner malam lorong basah, Monpera Kreatif Korner, Air Mancur, Taman Sky Park yang akan segera di bangun.

Bahkan jelasnya Palembang sudah memiliki destinasi wisata baru yang lebih menairik lagi yakni Pedestrian Sudirman yang selalu menyajikan atraksi dan kesenian budaya khas Palembang. “Air mancur Menari, Taman Sky Park salah satu rencana destinasi wisata baru yang Pemkot canangkan, selain itu kami juga akan meminta museum yang ada di palembang bisa di buka sampai malam,” jelasnya,

Dengan semakin banyaknya destinasi Palembang, lanjutnya, maka wisatawan bisa lebih lama tinggal di Palembang dan bisa menguntungkan dari segi pendapatan. “Selain itu Palembang juga ada paket wisata Musi Tour yang akan mengunjungi kawasan wisata religi seperti masjid-masjid peninggalan di sepanjang Sungai Musi dan tambahan paket kuliner dan belanja di satu hari penuh,” ungkapnya.

Menurutnya, wisatawan yang paling banyak datang ke Kota Palembang masih di dominasi oleh wisatawan dari negara Malaysia, Cina dan Singapura. Yang mana wisman ini memiliki tujuan wisata berbesa-beda seperti wisatawan asal Malaysia lebih banyak memilih untuk berbelanja di Pasar 16 Ilir dan kawasan songket di Suro.

“Sedangkan wisatawan asal Singapura lebih banyak menghabiskan waktu untuk belanja, sedangkan wisatawan Cina lebih memilih mengunjungi wisata Klenteng yang berada di 10 Ulu, Kampung Kapitan dan Pulo Kemaro,” pungkasnya. (korankito.com/raya/amel)