Konsulat Jenderal RRC Boyong Pengusaha Tiongkok Untuk Investasi di Sumsel

Foto/hms

Palembang- Menjajaki peluang kerjasama investasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Konsulat Jenderal RRC di Medan, Mr. Sun Ang mengadakan kunjungan ke Palembang, Provinsi Sumsel dengan memboyong para Investor dan pimpinan perusahaan Tiongkok di Sumsel.

Rombongan Konsulat Jenderal RRC tersebut diantaranya, Consul for Economic and Commercial office, Mr. Liu Weigou, Vice Consul of Economic and Commercial office, Ms. Khong Xiaodong,Vice Consul and Interpreter for Administrativ, Ms. Chang Xiaozhu, General Manager PT. Gouhua Energi Musi Makmur Indonesia (China Shenhua Group) Mr. Yaorao, serta Chief respresentative of China Har Bour Enginering (China Communication Group), Mr. Liu Qihu. Rombongan diterima langsung Gubernur Sumsel Alex Noerdin dengan menggelar pertemuan di Griya Agung Palembang, Jum’at (8/9).

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, mengungkapkan bahwa Pemerintah Sumsel sangat menyambut baik kunjungan Konsulat Jenderal RRC. Berbagai peluang kerjasama investasi di paparkan Gubernur Alex Noerdin diantaranya tentang Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api (KEK TAA) serta peluang kerjasama dibidang olahraga berupa dukungan terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang.

“Kita mengharapkan apa saja yang akan dibantukan ke Provinsi Sumsel dalam mendukung suksesnya Asian Games 2018 Palembang, karena di Asian Games ke 19 berikutnya akan dilaksanakan di Tiongkok dan Sumsel siap berbagai pengalaman,” ujar Alex.

Mr. Sun Ang dalam pertemuan tersebut menyampaikan bahwa beberapa tahun terakhir perkembangan ekonomi Tiongkok sangat cepat dan di berbagai bidang sudah banyak mengalami kemajuan, diantaranya ketersediaan listrik di Tiongkok sudah menjadi yang terbesar di dunia termasuk jaringan listrik yang sudah sangat maju.

Menurutnya, sebelum 1980 belum ada jalan toll di Tiongkok dan sekarang sudah memiliki jalan toll terpanjang di dunia setelah Amerika Serikat. Selain itu, pembangunan pelabuhan menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Melalui pertemuan ini, lanjut Mr. Sun Ang, kedepan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Sumsel untuk mengajak beberapa perusahaan di Tiongkok dan memperkenalkan peluang Investasi serta geliat pembangunan di Provinsi Sumsel.

“Kita sangat senang melihat pertumbuhan ekonomi Sumsel berkembang sangat baik, bahkan banyak perusahaaan Tiongkok di Sumatera Selatan telah menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai perusahaan di Sumatera Selatan,” ungkapnya.

Mr. Sun Ang menambahkan, Konsulat Jenderal RRC di Medan Sumatera Utara memiliki lingkup kerja 10 Provinsi di pulau Sumatera dan Sumsel menjadi daerah pertama dikunjungi setelah Provinsi Sumatera Utara. Menurutnya, meskipun baru datang di Sumsel, dalam sejarah hubungan Sumsel dan Tiongkok sudah berjalan sangat baik.

“Pada masa modern hubungan kerjasama semakin erat termasuk melalui Jalur Sutera Maritim sangat strategis dengan poros maritim global sehingga semakin mengeratkan hubungan Tiongkok dan Indonesia,” terangnya.

Mr. Sun Ang juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sumsel karena sejak 1 tahun terakhir telah melakukan berbagai persiapan sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

“Sejak turun di bandara kita merasa sangat senang melihat pembangunan LRT di Palembang, menjadi LRT pertama di Indonesia. Tiongkok sangat senang dapat berpartisipasi dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 Palembang,” pungkasnya.(korankito.com/hms/mbam)